Live Stream Bandung 132 TV


Benarkah Donor Plasma Darah Dapat Sembuhkan Pasien Covid-19? Begini Penjelasannya

Berdasarkan penelitian, plasma darah dapat meningkatkan angka kesembuhan pasien positif dengan derajat berat 95 persen sembuh.

Petugas medis memeriksa kantong berisi plasma konvalesen dari pasien sembuh Covid-19 di Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, Selasa (18/8/2020). (Foto: Antara).

JABARNEWS | BANDUNG - Ketua Komunitas Pendonor Plasma Darah dr Ariani menjelaskan, terapi plasma darah dapat menjadi alternatif penyembuhan terbaik bagi pasien positif, di tengah belum ditemukannya obat Covid-19 dan vaksinasi yang saat ini baru saja mulai.

Terapi plasma darah dipakai dokter di Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang. Berdasarkan penelitian, plasma darah dapat meningkatkan angka kesembuhan pasien positif dengan derajat berat 95 persen sembuh, derajat kritis 59 persen sembuh.

Baca Juga:

Tiga Makanan Yang Disunnahkan Rasul Ketika Dimakan Saat Berbuka Puasa

Konsumsi Energi Indonesia Meningkat, Pertamina Operasionalkan Dua Kapal Tanker Raksasa



"Intinya semuanya masih dalam taraf penelitian, tapi menjanjikan di saat belum ada obat pasti," kata Ariani di Bandung, Selasa (19/1/2021).

Penjelasan Ariani sekaligus membantah keraguan dari sebagian kalangan dokter yang mengatakan terapi plasma darah tidak efektif menolong pasien positif, bahkan sudah ditinggalkan negara maju seperti Inggris.

Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen oleh Wapres menunjukkan terapi ini efektif dan menjadi pilihan saat ini.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Donor Plasma Darah Terapi Plasma Konvalesen Penyitas Covid-19 Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Begini Sosok Kartini Di Mata Pembalap Cantik Asal Purwakarta

Menjajal Keindahan Alam Di Tempat Wisata Curug Putih Tasikmalaya

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi