Waspada, Marak Peredaran Uang Palsu Di Purwakarta

JABARNEWS I PURWAKARTA – Masyarakat di Kabupaten Purwakarta harus terus meningkatkan kewaspadaan terkait mulai maraknya peredaran uang palsu yang menyasar pedagang warung di daerah-daerah.

Hal tersebut diketahui, setelah adanya unggahan Facebook @lukman N, Selasa (19/1/2021), mengaku dirinya jadi sasaran kejahatan penipuan uang palsu.

Dirinya menuturkan ,ada seseorang yang berbelanja ke warungnya yang berada di Jalan Gudang, Purwakarta, dengan menggunakan uang Rp 100 ribu dan membelikan rokok seharga Rp 20 ribu.

Baca Juga:  Ayo Tonton Kirab Obor Asian Games Di Pasteur

Namun saat dicek. uangnya ternyata palsu. Tetapi, ketika hendak dipanggil kembali orangnya sudah pergi menggunakan sepeda motor dan tak sempat mengejarnya.

Baca Juga:  Gabungan Komunitas Di Majalengka Bareng-bareng Bantu Korban Tsunami Banten

“Barangkali di sini ada orangnya, tolong itikad baiknya nuhun, waspada kepada pemilik warung-warung,” tulis Lukman dalam akun facebooknya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Purwakarta, AKP Fitran Romajimah mengimbau kepada para pedagang baik klontongan atau pedagang keliling untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap modus-modus kejahatan yang terkait dengan uang palsu.

Baca Juga:  Peserta Gema Pramuka Uji Adrenalin Permainan Flaying Fox

“Imbauan kepada masyarakat agar berhati-hati saat melakukan transaksi jual beli. Terapkan 3D, yakni dilihat, diraba, dan diterawang. Untuk pertokoan upayakan sedia sinar UV guna mendeteksi uang palsu. Jika menemukan uang palsu segera laporkan ke kantor kepolisian terdekat,” ujarnya, dilansir dari Tribun.