Bisa Cegah Kanker Hingga Jantung, Ini Manfaat Jeruk

JABARNEWS | BANDUNG – Jeruk adalah salah satu buah paling populer sedunia. Buah ini tumbuh dari pohon jeruk dan tergolong ke dalam kelompok buah-buahan sitrus. 

Asal jeruk masih menjadi misteri hingga kini, tetapi buah tersebut sudah mulai dibudidayakan di Asia bagian selatan sejak ribuan tahun lalu. Sekarang, buah jeruk banyak ditemukan di negara-negara hangat dan tropis. 

Jeruk Merupakan sumber serat, vitamin C, vitamin B1 dan folat, serta antioksidan kuat. Bukan hanya kaya akan Vitamin C, dilansir dari beberapa sumber berikut manfaat buah jeruk bagi kesehatan:

Baca Juga:  Enam Bulan, Kakek Di Majalengka Ini Gauli Siswi SMP Hingga Hamil

1. Melawan radikal bebas – Sebagai antioksidan kuat, vitamin C mampu melindungi sel-sel tubuh dengan menetralkan molekul radikal bebas yang berbahaya. Radikal bebas dapat terbentuk dari polusi udara, asap rokok, stres, pajanan zat kimia tertentu, sinar matahari, bahkan proses metabolisme dalam tubuh.

2. Baik untuk Pencernaan  – Jeruk berukuran sedang menawarkan sekitar tiga gram serat atau 12 persen dari target harian.

Serat di dalam jeruk mendukung fungsi pencernaan, membantu mengatur kadar gula darah dan insulin, meningkatkan perasaan kenyang.

Baca Juga:  Program Vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung Hampir Capai 900 Ribu Orang

3. Baik untuk jantung – Kalium dan folat adalah dua nutrisi penting tambahan yang ditemukan dalam jeruk. Kalium mendukung fungsi jantung dan kontraksi otot, serta membantu mempertahankan massa otot. Mineral ini juga bertindak sebagai diuretik alami, untuk mengurangi tekanan darah dan melawan retensi cairan.

4. Cegah kanker – Penelitian menunjukkan, flavonoid dalam kulit jeruk dapat membantu mencegah reproduksi, pertumbuhan, dan penyebaran sel kanker, serta mendukung apoptosis atau penghancuran diri yang digunakan tubuh untuk membunuh sel-sel disfungsional.

Baca Juga:  Diguyur Hujan Deras, 76 Rumah di Dua Desa Terendam Banjir Boalemo

5. Memperkuat Tulang – Semua makanan yang mengandung kalsium harus dipasangkan dengan makanan kaya vitamin D agar tubuh kita benar-benar menyerap kalsium dari makanan. Jeruk memiliki cukup vitamin D, yang menjamin penyerapan kalsium secara tepat dan membantu mencapai tulang.

Penulis: Muhammad Amaludin