Beberapa Cara Yang Harus Dilakukan Ketika Bencana Alam Terjadi

Suatu bencana dipandang sebagai peristiwa kerusakan alam yang mempunyai hubungan yang kental dengan wilayah keimanan, bukan fenomena alam yang serba kebetulan.

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Masalah bencana ada yang memandangnya sebagai fenomena alam yang terjadi secara kebetulan. Sedangkan di sisi lain, suatu bencana dipandang sebagai peristiwa kerusakan alam yang mempunyai hubungan yang kental dengan wilayah keimanan, bukan fenomena alam yang serba kebetulan.

Dalam konteks iman (keyakinan), tidak ada suatu bencana atau kerusakan alam yang terjadi kecuali ada hubungannya dengan perbuatan dosa yang dilakukan oleh manusia. Sebagaimana peringatan-peringatan Allah yang telah disebutkan dalam sejumlah ayat Alquran, oleh sebab itu kita harus tetap waspada.

Baca Juga:

Perbaiki Rumah Rusak Akibat Banjir, Pemprov Jabar Alokasikan 150 Unit Rutilahu

Monitoring Posko PPKM Mikro, Polres Cianjur Pantau Perkembangan Covid-19



Dilansir dari beberapa sumber berikut beberapa cara menghindari bencana alam:

1. Gempa bumi - Gempa bumi merupakan getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang dialami selama periode waktu. Atau bisa juga disebabkan oleh meletusnya gunung berapi.

Salah satu cara menghindarinya yaitu dengan cara secepat mungkin lari untuk mencari tempat yang aman di tempat terbuka, bila terjebak dalam rumah berupaya berlindung di bawah meja atau tempat tidur yang kuat, atau berada di bawah pintu kayu.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Bencana di Jawa Barat Pemprov Jabar BPBD Jabar Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Bikin Jera! Jaksa Pinangki Divonis 10 Tahun Penjara

Inilah Lima Aktor dan Aktris Terkenal Dalam Film La La Land

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi