Banyak Masyarakatnya Terjerat Rentenir, Yana Mulyana: Kami Akan Bantu

JABARNEWS | BANDUNG – Banyaknya masyarakat di Kota Bandung yang terjerat rentenir menjadi perhatian berbagai pihak, salah satunya Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Dia menyatakan bahwa satu dari sekian banyak janji politiknya yakni adalah membantu masyarakat yang terjerat rentenir. Oleh karena itu, dia berharap Satgas Anti Rentenir bisa lebih aktif lagi melayani berbagai pengaduan dari masyarakat yang menjadi korban rentenir.

Baca Juga:  Pemerintah Pusat Petakan Penyaluran Bantuan Lombok

“Ini seperti puncak gunung es. Kelihatannya di permukaan itu tidak banyak, mungkin banyak yang malu atau seperti apa. Ini juga harus terus sosialisasi, mungkin banyak juga yang belum tahu Satgas Anti Rentenir,” kata Yana di Bandung, Rabu (20/1/2021).

Menurutnya, Satgas Anti Rentenir bisa memfasilitasi orang-orang yang terjerat rentenir. Sehingga orang tersebut bisa menyelesaikannya lewat bantuan lembaga keuangan atau yang lainnya.

Baca Juga:  Seorang Pengunjuk Rasa Tewas Tertembak, Anggota Polisi Jadi Tersangka, Kini Kasusnya Dilimpahkan

“Saya pikir ini merupakan suatu keberanian dengan membentuk Satgas Anti Rentenir. Mudah-mudahan bisa melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga agar tidak tertarik ke rentenir,” ucapnya.

Yana berasumsi bahwa banyaknya masyarakat yang terjerat ke rentenir dikarenakan sangat sulitnya akses dan banyaknya persyaratan untuk meminjam uang atau modal ke bank.

Baca Juga:  Waduh! Rudy Gunawan Sebut Kasus Covid-19 di Kabupaten Garut Setiap Hari Bertambah

“Kemungkinan orang tertarik ke rentenir karena ke bank itu banyak persyaratan, seperti jaminan. Padahal tidak semua orang bisa menjaminkan sesuatu,” jelasnya.

Yana berharap, Satgas Anti Rentenir juga bisa bekerja sama dengan dinas, lembaga, atau Instansi lainnya dalam membantu para korban rentenir.

“Seperti Bank Bandung misalnya. Jadi teman-teman bisa memfasilitasi yang punya masalah, tapi kita harus punya juga solusinya,” tutupnya.