Tingkat Disiplin Protokol Kesehatan Rendah, Ridwan Kamil Inspeksi ke Tasikmalaya

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan inspeksi ke Kabupaten dan Kota Tasikmalaya untuk memastikan ketaatan, kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya masuk ke dalam daerah yang tidak patuh atau kepatuhan memakai masker terendah di Jabar.

“Saya hari ini ke kesempatan untuk melakukan berbagai inspeksi di wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan lanjut ke kota Tasikmalaya,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini di Tasikmalaya, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga:  Momen Hari Jadi Ke 340 Tahun Cianjur, ASW Dorong Pemkab Cianjur Berbenah

“Berdasarkan hasil survei seminggu kemarin mungkin media paham tingkat kedisiplinan memakai masker masuk kategori terendah se-Jawa Barat,” tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa inspeksi tersebut juga sebagai bentuk untuk memastikan penanganan Covid-19 berjalan dengan baik. Meski, lanjut Kang Emil, secara umum kasus Covid-19 masih terkendali di Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut Kang Emil, salah satu penanganan atau pencegahan Covid-19 dengan memakai masker. Oleh karena itu, dia menyebut masyarakat desa di Kabupaten Tasikmalaya dapat mematuhi protokol kesehatan salah satunya memakai masker.

Baca Juga:  Wah! Juru Parkir di Medan Pukul Driver Ojek Online Pakai Batu

“Nah, Kami hadir disini menyemangati karena memang karakter Kabupaten Tasik itu sebenarnya ada di desa, ya jadi mungkin kalau kita lihat alun-alun ini relatif kepatuhan tinggi tapi saya titip kepatuhan di desa yang merupakan mayoritas konsep membangun di Kabupaten Tasik,” jelasnya.

Namun, selama inspeksi berlangsung Kang Emil melihat masyarakat sangat patuh memakai masker. Meski, sambung dia, masih ada masyarakat yang salah menggunakan masker.

“Kami juga melihat kalau di pusat kota relatif baik, mudah-mudahan bukan karena kami datang terus pada pakai masker, tapi memang karena kesadaran kedisiplinan. Dalam inspeksi masih ada sekian persen yang memang terlihat memakai maskernya keliru,” ucapnya.

Baca Juga:  Hey Pramuka, Jauhi Berita-berita Hoaks

Tak hanya itu, Kang Emil juga meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya melakukan evaluasi kepatuhan dan disiplin protokol kesehatan.

“Saya kira itu mudah-mudahan dengan kunjungan kami perbaikan dalam evaluasi 7 hari kedepan Kabupaten Tasik bisa naik peringkat dari sisi proses dan kedisiplinan,” tutupnya.