Terpilih Jadi Kapolri, Ini Delapan Komitmen Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

JABARNEWS | JAKARTA – Delapan komitmen calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang akan dijalankannya bila menjadi Kapolri diapresiasi sejumlah pihak, salah satunya Kesatuan Mahasiswa Bima Jakarta (KMBJ)

“Saat uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi III DPR, Komjen Listyo menyampaikan paparan dan jawaban dengan begitu percaya diri dan meyakinkan sekali. Kami mendukung beliau dengan 8 komitmennya,” Bendahara Umum KMBJ Muhammad Fahmin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Ada pun 8 komitmen Calon Kapolri Komjen Listyo, diungkapkan Fahmin di antaranya, menjadikan Polri sebagai institusi yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan atau PRESISI.

Baca Juga:  Oded M Danial Belum Miliki Roadmap Vaksinasi di Kota Bandung

“Kemudian beliau akan menjamin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional dan juga menjaga soliditas internal,” tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, komitmen lainnya yaitu, meningkatkan sinergisitas dan soliditas TNI-Polri, serta bekerja sama dengan APH dan kementerian/lembaga lain untuk mendukung dan mengawal program pemerintah.

“Komjen Listyo juga berkomitmen mendukung terciptanya ekosistem inovasi dan kreativitas yang mendorong kemajuan ekonomi Indonesia juga ingin menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan,” ujar Fahmin.

Komitmen lainnya yang harus diapresiasi masih kata Fahmin, ialah mengedepankan pencegahan permasalahan, pelaksanaan keadilan “restorative justice” dan “problem solving”.

Baca Juga:  Harga Cabai Melambung, Pemkot Bandung: Warga Urban Farming Saja

“Komjen Listyo juga berkomitmen setia kepada NKRI dan senantiasa merawat kebhinekaan. Dengan 8 komitmen tersebut, kami optimis Polri akan lebih baik di bawah kepemimpinan Komjen Listyo,” ucapnya.

Sementara itu, Komisi III DPR RI menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal Komisi III DPR pada Rabu siang.

Seluruh fraksi menyatakan setuju Komjen Pol Listyo Sigit sebagai Kapolri dan juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Pol Idham Azis dari jabatan Kapolri.

Baca Juga:  OJK Bersama APEI Luncurkan Standar Pasar Transaksi Repo

“Berdasarkan catatan fraksi-fraksi, akhirnya pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Pol Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Pol Listyo Sigit sebagai Kapolri,” kata Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry dalam rapat internal Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Menurut dia, keputusan Komisi III DPR RI tersebut akan ditetapkan dalam pengambilan keputusan Tingkat II dalam Rapat Paripurna DPR dalam waktu terdekat dan akan diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Ara)