Empat Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Pada Mata

JABARNEWS | BANDUNG – Setiap harinya sebagian dari kita pasti tak bisa lepas dari yang namanya smartphone. smartphone menjadi perangkat yang selalu menemani, mulai dari bangun tidur hingga hendak tidur lagi.

Smartphone dengan teknologi modern pasti menggunakan lampu LED (light-emitting diode) dan lampu CFL (compact fluorescent lamps), lampu biru tersebut merupakan berasal dari matahari.

Namun, sinar biru yang berasal dari gadget bisa berdampak negatif pada kesehatan seseorang, dilansir dari beberapa sumber berikut dampak negatif sinar biru:

Baca Juga:  Survei Alvara: Jokowi Masih Ungguli Prabowo

1. Menyebabkan Sulit Tidur – Studi dari Universitas Monash, Australia menyebutkan bahwa sinar biru gadget bisa mengganggu siklus tidur seseorang. Alasannya karena paparan sinar biru gadget menurunkan kadar hormon melatonin dalam tubuh hingga 23 persen.

Baca Juga:  Tata Wisata Muaragembong, Pemkab Bekasi Akan Terima Bantuan Rp32 Miliar

2.  Kerusakan retina – Paparan langsung sinar biru dapat menyebabkan kerusakan retina. Kerusakan retina yang disebabkan sinar biru dapat menyebabkan degenerasi makula. Hal ini menyebabkan hilangnya penglihatan sentral kemampuan untuk melihat apa yang ada di depan mata.

3. Rentan terhadap depresi – Penelitian juga menunjukkan orang-orang yang tingkat melatoninnya ditekan dan jam tubuhnya dikacaukan oleh paparan sinar biru lebih rentan terhadap depresi.

Baca Juga:  BOR di Kota Bogor 29,4 persen, Bima Arya: Kasus Positif Covid-19 Jauh Menurun

4. Kelelahan pada Mata – Perangkat digital seperti smartphone sebenarnya tidak merusak mata. Namun, terlalu lama menggunakan gadget bisa menyebabkan ketegangan pada mata yang bisa berdampak negatif terhadap kesehatan mata.

Alasannya karena bermain gadget bisa menurunkan jumlah kedipan mata yang memicu kelelahan pada mata.

Penulis: Muhammad Amaludin