Peringatan Dini BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem pada Januari-Februari

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk waspada pada Bulan Januari hingga Februari 2020, diperkirakan pada waktu tersebut akan terjadi potensi cuaca ekstrem pada puncak musim hujan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati ketiga terjadi fenomena cuaca ekstrem berupa waterspout atau puting beliung.

Baca Juga:  Oded Bilang Sulit Ubah Budaya Masyarakat Agar Tak Buang Sampah Sembarangan

“Masyarakat untuk tidak mendekati area terjadinya puting beliung guna menghindari risiko yang lebih buruk,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (20/1/2020).

Terlebih fenomena waterspout baru saja terjadi di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri pada Rabu, Pukul 16.00 WIB.

Baca Juga:  Fraksi Golkar Keberatan Benny Bachtiar Jadi Sekda Kota Bandung

Guswanto mengatakan Kabupaten Wonogiri selama Januari hingga Februari masih berada pada periode puncak musim hujan.

Karena itu, katanya, potensi hujan lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang bahkan puting beliung masih perlu diwaspadai pada periode tersebut.

Baca Juga:  Taman Sri Baduga Bisa Jadi Venue Untuk Acara Skala Internasional

Pihaknya menjelaskan fenomena waterspout terbentuk dari sistem awan Cumulonimbus (Cb). Kendati demikian, tidak semua awan Cb dapat menimbulkan fenomena tersebut tergantung pada kondisi labilitas atmosfer.

“Ada kondisi tertentu seperti ketika kondisi labilitas atmosfer yang melebihi ambang batas tertentu mengindikasikan udara sangat tidak stabil,” jelasnya.