Lawan Corona, Ini yang Dilakukan Mahasiswa UPI Kampus Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Melawan wabah virus corona, beragam cara dilakukan elemen masyarakat untuk membangun semangat.

Seperti yang dilakukan Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta dengan menciptakan video gerak dan lagu yang berjudul Bersama Lawan Corona.

Diketahui, munculnya virus asal China itu menyebabkan berbagai sektor kehidupan tidak dapat berjalan dengan optimal.

Misalnya, dalam bidang pendidikan, pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring untuk memutus penyebaran virus corona. Hal ini juga diberlakukan bagi para mahasiswa UPI kampus Purwakarta.

Menurut, Dosen pembimbing lapangan (DPL) KKN Tematik UPI Kampus Purwakarta, Syifaul Fuada, Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPI pun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Kompas: Jangan Pilih Caleg yang Sakiti Pohon

“Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara langsung dengan terjun ke masyarakat, saat ini pengabdian ini dilaksanakan secara daring,” ucap Syifaul, pada Kamis (21/1/2021).

Ia menambahkan, KKN UPI tahun 2020 lalu, gelombang dua dikemas dengan program-program KKN Tematik yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, kata Syifaul, KKN Tematik difokuskan pada pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi di masa adaptasi kebiasaan baru. Melalui KKN Tematik pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19.

“Mahasiswa diharapkan dapat berkontribusi nyata untuk mengatasi masalah di bidang pendidikan dan ekonomi, sekaligus memberikan edukasi mengenai adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19,” Paparnya.

Baca Juga:  Edarkan Narkoba, Janda Asal Tebing Tinggi Ditangkap Polisi

Tidak hanya berkontribusi dalam pendidikan, lanjut dia, mahasiswa juga mengajak masyarakat melawan virus corona. Berbeda dengan yang lainnya, mahasiswa mengkampanyekan ajakan tersebut melalui lagu.

“Mahasiswa menciptakan video gerak dan lagu yang berjudul Bersama Lawan Corona. Lirik lagunya berisi edukasi berupa ajakan kepada masyarakat untuk mencegah Covid-19 dengan cara memakai masker ketika keluar rumah, mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun setelah beraktivitas, serta melakukan social distancing dan physical distancing,” terangnya.

Sementara, Mahasiswa UPI Kampus Purwakarta, Marhamah mengatakan, setelah pembuatan lirik lagu, mahasiswa membuat konsep video. Kemudian video ini dibuat sesuai dengan lirik lagu yang fokus pada edukasi pencegahan Covid-19.

Baca Juga:  Warga Sukasari Purwakarta Butuh Fasilitas Kesehatan Rawat Inap

Untuk gerakan yang diciptakan, sambung Marhamah, mengikuti lirik lagu yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan aransemen musik yang dibantu oleh rekan pelaksana KKN Tematik.

“Setelah melalui diskusi dan berbagai revisi terkait nada untuk lagu tersebut, melanjutkan dengan take vocal dan take video,” papar Marhamah

Dirinya berharap, video tersebut dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat pentingnya mencegah penyebaran virus corona dengan megikuti protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. (Gin)