Dokter Ini Sebut Reaksi Pasca Vaksinasi Hanya Pegal, Lapar, dan Ngantuk

Reaksi setelah vaksinasi menurut dr. Fajri bisa berbeda-beda pada tiap orang.

Ilustrasi vaksinasi. (Foto: Klikdokter)

JABARNEWS | JAKARTA - Pemerintah telah berkomitmen memberikan vaksin Covid-19 secara gratis demi memulihkan kesehatan nasional akibat hantaman pandemi Covid-19. Namun, niat baik pemerintah ini masih saja menuai beberapa penolakan pada program vaksinasi Covid-19 ini.

Ada masyarakat yang masih meragukan dan menunjukkan ketakutan, khususnya terkait kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No.12 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi, dijelaskan bahwa KIPI adalah semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi, menjadi perhatian, dan diduga berhubungan dengan imunisasi.

Baca Juga:

Seorang Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Membusuk di Purwakarta

Mengenaskan! Seorang Pria Ditemukan Tewas Terlentang di Atas Batu Sungai Cikundul



Adapun KIPI ada yang serius dan non serius. Yang serius adalah setiap kejadian medis setelah imunisasi yang menyebabkan rawat inap, kecacatan, hingga kematian serta menimbulkan keresahan di masyarakat. Sementara yang non serius tidak menimbulkan risiko potensial pada kesehatan si penerima vaksin.

Dokter dan tim penanganan Covid-19 dr. Muhammad Fajri Adda’I yang telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama mengatakan dirinya tidak merasakan reaksi yang aneh.

“Biasa saja,” singkatnya dalam Dialog Produktif yang mengangkat tema KIPI: Kenali dan Atasi, diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (20/1/2021).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Vaksinasi Covid-19 Vaksin Pasca Vaksinasi KIPI Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Manfaat Cuka Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi