Selama Januari 2021, JSH Terima 182 Aduan Berita Hoaks Vaksin Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Selama Januari 2021 Tim Jabar Saber Hoaks (JSH) telah mengklarifikasi 51 hoaks vaksinasi Covid-19. Sedangkan aduan terkait hoaks vaksinasi Covid-19 selama Januari 2021 mencapai 182 aduan.

Senior Fact Checker JSH Alfianto Yustinova mengatakan, persebaran hoaks vaksinasi Covid-19 tergolong cepat karena beredar melalui media sosial dan aplikasi percakapan.

Baca Juga:  Teror Pelemparan Batu, Polisi Patroli Di Jembatan

“Setelah penyuntikan pertama vaksin, aduan semakin meningkat. Banyak sekali hoaks soal vaksinasi Covid-19 yang muncul,” kata Alfianto di Bandung, Rabu (21/1/2021).

Alfianto menjelaskan, tema hoaks vaksinasi Covid-19 terus berganti dari waktu ke waktu. Jika pada awal hoaks membicarakan soal kehalalan vaksin, saat ini hoaks mayoritas membahas cip dalam vaksin Covid-19.

Baca Juga:  Polri Ingatkan Masifnya Hoaks Jelang Pilpres 2019

Selain itu, lanjut Alfianto, banyak hoaks terkait bahaya vaksin. Salah satunya, informasi soal santri yang pingsan usai disuntik Covid-19.

“Beredar video santri yang pingsan setelah disuntik Covid-19. Padahal, video tersebut sudah ada sejak 2018. Saat itu, santri disuntik vaksin difteri. Hoaks yang menyesatkan seperti itu banyak ditemukan,” jelasnya.

Baca Juga:  Jokowi Bagi-bagi Tanah di Sukabumi

Masyarakat diharapkan lebih teliti dan kritis saat mengakses informasi. Jika ragu akan informasi yang didapatkan, ucap Alfianto, masyarakat dapat mengkonfirmasi ke JSH sebelum mempercayai informasi tersebut.