Vaksin Sinovac Bisa Selamatkan Masyarakat Indonesia? Begini Penjelasan Para Pakar

Vaksin akan melatih secara spesifik sesuai musuh atau penyakit yang akan dihadapi. Sebagai sebuah produk biologis, vaksin dikembangkan dan diuji dengan dasar ilmu pengetahuan ilmiah.

Vaksin Sinovac. (Foto: Getty Images/Kevin Frayer).

JABARNEWS | JAKARTA - Dalam salah satu analogi, vaksin bisa diibaratkan seperti pelatih kekebalan tubuh agar mampu menghadapi serangan musuh di masa yang akan datang. Vaksin akan melatih secara spesifik sesuai musuh atau penyakit yang akan dihadapi. Sebagai sebuah produk biologis, vaksin dikembangkan dan diuji dengan dasar ilmu pengetahuan ilmiah.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof Dr Cissy Kartasasmita mengatakan bahwa dalam pengembangan suatu vaksin dimulai dari mencari antigen, yaitu menentukan dulu bagian atau partikel virus mana yang paling baik untuk dibuat vaksin.

Baca Juga:

Intensitas Hujan Tinggi, DPRD Jabar Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Lewat West Java Calendar, Ridwan Kamil Dorong Pemulihan Wisata dan Ekonomi



"Pertama-tama, ditemukan dulu antigennya. Sesudah ketemu, baru bisa memilih platform vaksin apa yang akan dibuat dari antigen tersebut. Vaksin tersebut bisa dibuat melalui bermacam-macam teknologi tentunya," kata Cissy dalam keterangannya, Kamis (21/1/2021).

Terkait teknologi pembuatan vaksin, Ketua Umum Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr. Hariadi Wibisono, mengungkapkan bahwa salah satunya adalah vaksin yang dibuat dari virus yang dilemahkan.

"Itu yang disebut inactivated virus. Itu virus yang tidak berdaya tapi bisa merangsang antibodi dalam tubuh," jelas Hariadi.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Vaksin Sinovac Vaksin Covid-19 Vaksin Pakar Kesehatan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Pemancing Asal Toba Tewas Tenggelam di Sungai Asahan

Yana Mulyana Minta DPU Teliti Sungai di Balai Kota Bandung

Puluhan Wartawan di Cianjur Disuntik Vaksin Covid-19

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi