Temu Karya Karang Taruna Purwakarta Lahirkan Kamal, Ini Pesan Ahmad Arif

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kamal SS, terpilih menjadi Ketua Karang Taruna Kabupaten Purwakarta, masa Bhakti 2020-2025. Diketahui Kamal sebelumnya menjabat Ketua Karang Taruna Kecamatan Wanayasa.

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan, pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Ahmad Arif Imamulhaq, mengatakan, Karang Taruna sebagai organisasi besar memiliki tugas dalam membawa perubahan ke arah positif.

“Seperti yang tertuang pada Permensos 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna, bahwa Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat,” ucap Pria yang akrab disapa Arif, pada Kamis (21/1/2021).

Baca Juga:  Oded M Danial Apresiasi PT PBB Dukung Program Vaksinasi di Kota Bandung

Menurutnya, pemberdayaan Karang Taruna adalah suatu proses pengembangan kemampuan, kesempatan, dan pemberian kewenangan kepada Karang Taruna untuk meningkatkan potensi, pencegahan dan penanganan permasalahan sosial, pengembangan nilai-nilai kepeloporan melalui pemanfaatan sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya sosial, dan teknologi.

Baca Juga:  Tempat Wisata Ditutup, Restoran di Kota Bandung Hanya Boleh Take Away

“Karang Taruna harus jadi penggerak dalam pembaruan kegiatan, pastinya kepada terhadap permasalahan sosial. Sehingga kegiatannya dapat lebih inovatif, kreatif dan juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” papar Pria yang pernah menjabat Plt. Sekretaris Umum Karang Taruna Indonesia (KTI) Kabupaten Purwakarta Tahun 2004 itu.

Ke depan, sambung Arif, pihaknya akan lakukan penguatan kerjasama dengan karang taruna yang berada di lingkup koordinasi kementerian sosial atau dinas sosial tersebut.

Baca Juga:  Kunjungi Australia, Aher Perkuat Kerjasama Sister Province

“Kami berharap Ketua Karang Taruna kabupaten Purwakarta beserta pengurus yang baru dapat mengemban tugas yang sudah menanti. Kita ingat sejarah pernah mengajarkan pemuda harus memiliki semangat juang yang tinggi bagi pembangunan masa depan bangsa dan nagari. Pemuda hari ini adalah pemimpin di hari esok,” pungkasnya. (Gin)