Jalur Tasikmalaya-Pangandaran Putus Tertimbun Longsor, 77 KK Terisolir

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Jalan provinsi yang menghubungkan tiga kabupaten, Tasikmalaya-Ciamis-Pangandaran, Kamis (21/1/2021), putus tertimbun longsor.

Peristiwa bencan longsor tersebut terjadi akibat curah hujan yang terus mengguyur wilayah Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya , Jawa Barat membuat tebing setinggi 25 meter longsor

“Longsor yang terjadi pada Kamis dini hari, menutup badan jalan setinggi 4 meter, dengan lebar 25 meter,” ujar AKP Semiyono, Kapolsek Cineam,

Baca Juga:  Krisdayanti Ungkap Penghasilan Fantastis Anggota DPR RI, Segini Nilainya

Akibat longsor tersebut sekitar 70 kepala keluarga (KK) terisolir karena akses jalan terputus. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, namun sekitar satu hektare sawah yang siap panen ikut tertimbun material longsor,” katanya.

Baca Juga:  Ambu Anne Himbau Larangan Merokok Saat Jam Kerja ASN

Hingga saat ini, petugas masih berupaya mengevakuasi material longsor agar warga yang terisolir bisa melintas ke jalan tersebut.

Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI/Polri terus berupaya membersihkan material longsor dengan alat manual dan penyemprotan air.

Hal itu karena alat berat tidak bisa masuk lantaran jalur yang masih tertutup longsor di beberapa titik sebelum lokasi.

Baca Juga:  Disnakertrans Jabar: Perusahaan Terdampak COVID-19 Tetap Wajib Bayar THR

“Di Desa Cisarua telah terjadi dua titik longsoran. Namun di titik lainnya longsor terjadi tidak begitu besa,”tambahnya.

Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kendaraan taktis rescue milik Satsabhara Polresta Tasikmalaya disiagakan di lokasi longsor karena curah hujan yang masih tinggi di wilayah Cineam.