Satgas Covid-19 Sebut Kepatuhan Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan Meningkat

JABARNEWS | JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan terjadi tren peningkatan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan disiplin protokol kesehatan pada pekan lalu.

Berdasarkan hasil monitoring perubahan perilaku, kepatuhan masyarakat dalam memakai masker meningkat sebesar 12,19 persen yakni dari 50,27 persen menjadi 62,46 persen dibandingkan dua pekan sebelumnya.

Baca Juga:  Masuk Pakai Aplikasi PeduliLindungi, Lautan Manusia Penuhi Mal di Bandung

Sedangkan kepatuhan dalam menjaga jarak meningkat 17,11 persen dari 35,98 persen menjadi 53,09 persen.

“Namun kenaikan rata-rata ini belum bisa menyerupai tingginya kepatuhan di awal upaya monitoring di September dan Oktober yaitu menembus angka 84,77 persen dalam memakai masker dan 69,04 persen dalam menjaga jarak,” jelas Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta.

Baca Juga:  Kuwu Kepuh Cirebon Edukasikan Penangan Sampah

Wiku menyampaikan, hasil monitoring ini menunjukan bahwa upaya selama ini untuk meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan masih belum menunjukan hasil yang signifikan.

Ia pun meminta agar data monitoring ini dapat menjadi refleksi bagi pemerintah daerah dan juga masyarakat dalam penanganan pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Nekad Curi Motor Mantan Mertuanya, Iwan Diciduk Polisi di Purwakarta

“Efek positif perubahan perilaku ini membutuhkan waktu yang lama untuk berdampak pada penurunan kasus,” ujar dia.

Namun, jika protokol kesehatan ini terus menerus dilakukan secara disiplin dan ketat maka akan memberikan dampak positif dalam penanganan pandemi di Tanah Air.