Dari Osteoartritis Hingga lupus, Ini Penyakit Pada Tulang

JABARNEWS | BANDUNG – Tulang merupakan bagian penting dalam tubuh manusia, karena dalam tubuh manusia terdapat 206 jenis tulang. Hal itu yang membuat tubuh manusia bisa berdiri, berjalan hingga berlari, jika tulang tersebut bermasalah tentu akan membuat tubuh kita merasa terbatasi untuk beraktivitas.

Permasalahan pada tulang ada banyak faktornya salah satunya yaitu penyakit tulang, Penyakit tulang biasanya terjadi akibat dari bertambah nya usia seseorang yang membuat ketahanan dari tulang tersebut mulai melemah karena kekurangan mineral, sehingga membuat tulang tersebut rapuh bahkan bisa sampai patah.

Baca Juga:  Dengan Humanis, Polres Purwakarta Lakukan Patroli dan Sosialisasi Proses di Tempat Wisata

Dilansir dari beberapa sumber, penyakit tulang memiliki banyak macamnya maka dari itu berikut beberapa penyakit pada tulang di antaranya:

Pertama. Osteoartritis – Penyakit ini merupakan jenis artritis yang paling umum. Biasanya penyakit ini terjadi ketika tulang rawan yang melapisi ujung tulang di persendian mengalami keausan seiring bertambahnya usia.

Akibatnya, persendian yang terkena penyakit ini akan merasakan kaku hingga nyeri, apalagi ketika sedang bergerak. Biasanya penyakit ini lebih sering menyerang orang yang berusia lanjut seperti usia 50 tahun ke atas dan wanita lebih berisiko untuk mengalami penyakit ini.

Baca Juga:  Begini Cara SMKN 1 Cilaku Cianjur Jawab Tantangan Dunia Kerja

Kedua. Lupus – Dalam kondisi auto imun seperti ini bisa mempengaruhi beberapa bagian pada tubuh, termasuk kulit, organ dalam, otak, tulang dan persendian. Peradangan yang disebabkan oleh penyakit ini dapat memicu radang sendi, terutama di bagian tangan, siku, bahu, bahkan lutut dan kaki.

Ketiga. Kanker Tulang – Menurut hasil sebuah penelitian dari National Cancer Institute, kanker tulang tentunya berasal dari tulang. Kanker tulang paling sering terjadi akibat kanker yang menyebar ke tulang dari bagian tubuh lain seperti prostat atau kanker payudara.

Baca Juga:  Gabung Borneo FC, Wildan Dan Billy Hanya Dipinjamkan

Keempat. Kifosis – Penyakit ini terjadi terhadap lengkungan punggung atas yang lebih dari 50 derajat. Penderita penyakit ini akan terlihat seperti sedang membungkuk. Dan penyakit ini biasanya disebabkan oleh osteoporosis sehingga Lebih banyak menyerang para lansia.

Kelima. Lordosis – ciri-ciri penyakit ini yaitu terlihatnya lengkungan tulang belakang lebih condong ke depan. Biasanya Lordosis ini akan mempengaruhi punggung bawah hingga bagian leher.

Penulis: Muhammad Amaludin