Dihantam Isu Corona, Pemuda di Purwakarta Terus Promosikan Destinasi Wisata

JABARNEWS | PURWAKARTA – Promosi wisata harus tetap dilakukan di tengah isu Virus Corona saat ini. Karena dianggap bagian dari upaya pemulihan sektor usah dunia pariwisata.

Hal tersebut diungkapkan Pembina Komunitas Pecinta Alam Sukasari (Kompas), Mochamad Aripin, saat ditemui di Salah satu destinasi wisata di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Pria yang akrab disapa Kang Ipin itu mengatakan pihaknya terus lakukan promosi pariwisata yang ada di Kecamatan Sukasari dengan berbagai cara.

“Kecamatan Sukasari yang merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Purwakarta ini memiliki keindahan tersendiri. Gunung-gunung yang menjulang tinggi serta panorama alam yang masih asri di wilayah ini, bisa dikembangankan menjadi destinasi wisata baru,” jelas kang Ipin.

Menurutnya, hal itu dilakukan guna mendongkrak kunjungan wisatawan lokal ke destinasi wisata yang ada di wilayah Kecamatan Sukasari ini.

Baca Juga:  Ini Alasan Pilkades Serentak di Bekasi Ditunda, Karena Pemilu 2024?

“Pada masa-masa seperti ini kami tetap melakukan promosi. Seperti membuat gebrakan dengan menonjolkan tempat wisata baru ataupun melalui kegiatan sport tourism,” ungkap Kang Ipin.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya terus meyakinkan masyarakat jika penanganan virus corona di Purwakarta, khususnya di kecamatan Sukasari berjalan dengan baik hingga saat ini.

“Tak hanya itu, penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, menjadi prioritas utama di lokasi objek wisata yang ada di kecamatan Sukasari,” ucapnya.

Kang Ipi menambahkan, pihaknya juga sering mengingatkan pengelola wisata ataupun Karang Taruna wajib untuk selalu memberikan pelayanan yang baik dan secara konsisten menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Ia mengakui, berbagai promosi tetap dilakukan, namun masyarakat tidak bisa dipaksa untuk berkunjung dalam waktu dekat.

Baca Juga:  Paulo Dybala Tampil Memukau, Del Piero Ikut Berkomentar

“Jadi promosi wisata yang ditawarkan itu untuk nanti, bukan saat ini. Promosi yang kami lakukan saat ini tidak hanya bisa digunakan dalam waktu dekat, namun dalam jangka waktu lama. Kita harapkan saat itu virus corona sudah mulai teratasi. Saat itulah kita bisa berjualan dengan baik,” ungkap Kang Ipin.

Ia menjelaskan, ada beberapa lokasi wisata alam yang ada di kecamatan Sukasari, diantaranya, Curug Cimata Indung di Kampung Cisaat Desa Sukasari, Curug Mahrom di Desa Kertamanah dan Curug Tujuh Cibodas di Desa Parungbanteng.

“Selain curug dan pegunungan, ada juga beberapa lokasi yang sering dijadikan lokasi camping. Seperti paling baru yakni kampung Madang, Desa Kertamanah. Pokoknya, di wilayah kami banyak terdapat potensi pariwisata yang bisa dikembangkan,” paparnya.

Baca Juga:  Hari Ini Polres Cirebon Kota Laksanakan Operasi Zebra Tahun 2018

Ditempat yang sama, Ketua Karang Taruna Kampung Madang, Rojak mengatakan, di kampung Madang ini menyuguhkan pemandangan yang asri dengan hantaran pegunungan yang indah dan danau Jatiluhur.

“Hembusan angin terasa sejuk dan menenangkan menambah kenyamanan selama berada di kampung Madang ini. Kuliner yang jadi andalan di wilayah ini iyalah nasi liwet, ikan bakar khas Sukasari, dan bakakak ayam,” ungkap Rojak.

Selain wisata kuliner, ia menambahkan, di Kampung Madang ini bakal menjadi wisata perkemahan yang menarik dengan menyajikan keindahan alam.

“Kampung Madang ini didorong menjadi tempat wisata baru di Kecamatan Sukasari dengan menyiapkan fasilitas penunjang yang mampu menarik pengunjung untuk berwisata secara nyaman dan aman,” pungkasnya. (Gin)