Cegah Virus Masuk Pada Laptop Anda, Ini Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Virus merupakan salah satu file yang mengganggu bahkan merusak sebuah sistem operasional pada komputer atau Laptop biasa nya virus menyerang bagian software perangkat tersebut.

Apabila sebuah komputer atau laptop tersebut terkena virus maka kinerja yang dihasilkan tidak maksimal contohnya seperti lemot bahkan apabila sudah terkena virus yang hebat file didalamnya bisa sampai hilang dan juga laptop tersebut bisa menginstal sendiri secara berulang-ulang.

Oleh sebab itu kalian harus sangat hati hati dalam menggunakan laptop kalian agar tidak terkena virus, dilansir dari beberapa sumber berikut beberapa cara agar dapat terhindar dari virus:

Baca Juga:  Pemerintah Bekasi Anggarkan Rp.755 Juta Untuk Pakaian Dinas Anggota DPRD

1. Gunakan Anti virus yang update secara berkala – Anti virus merupakan salah satu aplikasi yang wajib ada pada laptop atau komputer kalian, karena fungsi dari aplikasi ini yaitu menangkap berbagai jenis virus yang ada dalam perangkat kalian, lalu di karantina dan dihapus secara berbarengan dalam perangkat anda.

2. Lakukan Scan secara berkala menggunakan antivirus – Setelah kalian memasang anti virus pada perangkat anda pastikan kalian melakukan scanning secara berkala, fungsinya untuk menangkap virus yang ada dalam perangkat kalian.

Baca Juga:  Sikap PBNU Usai Bendara Umumnya Jadi Tersangka KPK

3. Selalu berhati-hati terhadap file yang tidak dikenal – Apabila dalam laptop atau flashdisk anda terdapat file yang tidak dikenal sebaiknya segera kalian hapus, dan jangan coba untuk kalian buka atau simpan.

4. Jangan menginstal aplikasi yang tidak kalian ketahui fungsinya – Kadang-kadang kita sering mendapatkan informasi program-program freeware yang bagus. Kalau kita sama sekali belum pernah mengenalnya, berhati-hatilah karena terkadang didalam program-program tersebut terdapat spyware dan sejenisnya.

Baca Juga:  Terungkap! Sindikat Pinjol Di Jakarta Digerebek Polisi Dalam Sebuah Ruko

5. Update juga Windows Anda – Karena apabila kita tidak mengupdate Window kita maka efek dari kita memasang firewall yang bagus ataupun antivirus yang keren tetapi Os window kita ketinggalan jaman, tentu hal tersebut membuat kinerja laptop atau komputer kita menjadi lemot atau lambat.

Penulis: Muhammad Amaludin