Emosi Dibentak Pelanggar Prokes, Satpol PP Kota Cimahi Pukul Sopir

JABARNEWS | CIMAHI – Di media sosial beredar pemukulan oleh seorang oknum anggota Satpol PP Kota Cimahi pada seorang pengemudi truk saat pelaksanaan operasi penegakan disiplin Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Belakangan diketahui, aksi pemukulan tersebut terjadi pada Kamis (21/1/2021) siang di Jalan Permana, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Dalam video yang direkam oleh warga setempat, terlihat adu argumen antara anggota Satpol PP dengan seorang pengemudi truk. Kemudian anggota Satpol PP tersebut memukul bagian pinggang pengemudi.

Baca Juga:  Dandim 0619 Purwakarta Ajak Anak Muda Melek Teknologi

Plh Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi Ipung Mustofa membenarkan kejadian pemukulan oleh anggota Satpol PP terhadap pengemudi saat pelaksanaan operasi PPKM.

“Terkait kasus dugaan pemukulan yang viral, Satpol PP dan Damkar Cimahi meminta maaf atas kejadian tersebut. Secara prosedural tidak dibenarkan dilakukan petugas kita,” kata Ipung kepada wartawan, Jumat (22/1/2021).

Menurut dia, pemukulan tersebut terjadi saat Satgas COVID-19 Kota Cimahi melaksanakan patroli dan razia protokol kesehatan di tengah PPKM.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak hari Ini Imajinasi dan Fantasi Memainkan Peran Besar Dalam Pemikiranmu Virgo

“Petugas kemudian mendeteksi pelaku pelanggaran yakni sopir truk tersebut. Dia kemudian ditegur dan diminta turun, tapi ada hal yang menimbulkan emosi petugas,” tuturnya.

Ipung mengatakan, kondisi di lapangan yang tidak terduga bisa memicu emosi dari petugas yang tengah melaksanakan operasi penegakan disiplin PPKM.

Sebelum pemukulan, kata dia, ada sedikit bentakan dari korban yang tidak menggunakan masker saat dia disuruh turun. Pemukulan pun tidak dilakukan dengan keras.

“Di lapangan kondisi sangat dinamis pasti ada pemicunya. Situasi dan kondisi yang tak terduga bisa menimbulkan emosi petugas. Bisa jadi ada perlakuan kurang pantas atau ucapan lisan dari korban sehingga pemukulan itu terjadi,” ujarnya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Capricorn, Melampiaskan Kemarahan Anda Dengan Cara yang Sehat

Menurut Ipung hal tersebut menjadi preseden buruk bagi Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi. Pihaknya saat ini akan melakukan pertemuan dengan pihak korban untuk meminta keterangan soal kejadian tersebut.

“Ini jadi preseden buruk untuk Satpol PP dan Damkar Cimahi. Kepada masyarakat, kami memohon maaf apabila menimbulkan ketidaknyamanan,” katanya. (Yoy)