Angin Puting Beliung Terjang Tasikmalaya, Atap Rumah Warga Berterbangan

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Angin puting beliung menerjang Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (22/1/2021) petang. Akibatnya puluhan rusak berat. 

Peristiwa itu direkam video oleh warga menggunakan kamera telepon seluler (ponsel). Tampak suasana mencekam saat angin puting beliung disertai hujan deras dan petir itu melanda Kelurahan Sukajaya.

Atap rumah-rumah warga berterbangan. Warga panik dan berhamburan keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri. Beruntung peristiwa tersebut tak menimbulkan korban luka dan jiwa.

Baca Juga:  KPU Bandung Tetapkan Rindu Dan Oded-Yana Pemenang Pilkada

Banyaknya rumah warga yang rusak berat, membuat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tasikmalaya kewalahan melakukan penanganan. 

Sejak Jumat petang hingga Sabtu (22-23/1/2021) baru selesai melakukan evakuasi. Sejumlah warga terpaksa harus diungsikan karena rumahnya hancur dan rusak berat.

Baca Juga:  Bupati Sumedang: Kejuaraan Paralayang Dunia Tingkatkan Ekosistem Pariwisata

Ai Nurhayati, warga Kelurahan Sukajaya mengatakan, angin kencang menerjang disertai hujan deras dan petir pada Jumat petang. “Tiba-tiba atap rumah berterbangan. Kami panik, lalu menyelamatkan diri,” kata Ai. 

Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kota Tasikmalaya Harisman memgatakan, petugas disebar untuk melakukan penanganan karena banyak rumah warga yang terdampak, baik tersapu angin kencang maupun rusak akibat pohon tumbang. 

Baca Juga:  Aduh, Wanita Cantik Ini Tewas Terjepit Lift di Deli Serdang

“Data sementara, puluhan rumah yang rusak. Sejumlah keluarga terpaksa harus diungsikan ke rumah tetangga dan keluarganya karena rumahnya tidak bisa ditempati lagi,” kata Harisman.

Harisman mengemukakan, tidak ada korban jiwa dan luka dalam kejadian tersebut. BPBD Tasikmalaya telah memberikan bantuan terpal dan kebutuhan mendasar seperti sembako.