Ratusan Napi Lapas Narkotika Cirebon Jalani Swab Test Massal

JABARNEWS | CIREBON – Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Gintung Cirebon, melakukan Swab test Covid-19 massal terhadap 670 warga binaan di dalam lingkungan lapas Narkotika Gintung.

Pasca ditemukannya tiga pegawai Lapas Narkotik Gintung yang terkonfirmasi positif Covid-19, pihak Lapas Gintung langsung bergerak dengan cara mengajukan permohonan untuk dilakukan swab test massal.

“Swab test massal ini, kami lakukan menyusul adanya tiga pegawai kami yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Cirebon. Nur Bambang Supri Handono. Kamis (21/01/2021)

Baca Juga:  Ada 370 Lowongan CPNS, Prioritas Untuk Bidang Pendidikan Dan Kesehatan

Dijelaskan Bambang, hasil swab test terhadap tiga pegawai Lapas Narkotika Gintung ini, satu orang pegawai sudah sembuh dan dinyatakan negatif. Sedangkan dua orang pegawai lainnya masih menjalani isolasi di rumah sakit rujukan.

“Satu orang pegawai sudah sembuh, dan dua orang lainnya masih menjalani isolasi di rumah sakit,” katanya.

Kegiatan Swab test massal tersebut dijelaskan Bambang, kegiatan ini merupakan upaya untuk antisipasi penyebaran Covid-19 dan guna mengetahui kondisi warga di lingkungan Lapas Narkotika Cirebon, pasca tiga pegawainya yang terkonfirmasi Covid-19.

Baca Juga:  Kasus Meikarta Mulai Disidang Di PN Tipikor Bandung Rabu 19 Desember

“Kegiatan ini, langkah kita agar warga binaan Lapas Gintung tetap steril,” katanya.

Lapas sendiri, lanjut Bambang, Pihak Lapas Narkotika Cirebon memiliki 12 ruangan khusus, yang saat ini dimanfaatkan untuk isolasi bagi warga binaan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Jika ada warga yang positif tentu kami lakukan isolasi mandiri di ruangan khusus. Mudah-mudahan setelah kita lakukan Swab test massal, hasilnya negatif semua,” katanya.

Baca Juga:  Kota Bandung Melaksanakan Pencanangan BBGRM Tercepat se Jawa Barat

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enni Suhaini mengatakan, Kegiatan Swab test massal ini, merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas Narkotika Cirebon. Pasca ditemukannya tiga orang pegawai terkonfirmasi Positif.

“Pegawai kan selalu bertemu langsung dengan para napi, sehingga pihak lapas mengajukan Swab test massal untuk para napi,” katanya saat ditemui di Lapas Narkotika Cirebon. (Arn)