Dari Sakit Kepala Hingga Cacingan, Ini Khasiat Bangle

JABARNEWS | BANDUNG – Bangle yang memiliki nama latin Zingiber cassumunar atau bonglai bernama latin Zingiber montanum merupakan salah satu tanaman rempah-rempah. Rimpangnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan tradisional.

Tumbuhan satu ini, memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan seperti asam organik, lemak, albuminoid, sineol dan masih banyak lainya, tumbuhan ini juga memiliki bau khas aromatik tersendiri.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Capricorn, Aquarius dan Pisces: Kendalikan Imajinasi Anda yang Mungkin Terlalu Liar Hari Ini

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber bahwa bangle atau bonglai ini memiliki banyak khasiat diantaranya. Berikut khasiat Bangle bagi kesehatan:

Pertama. Obat masuk angin – Cuci bersih dan parut rimpang panglay. Hasil parutan disaring lalu campur sedikit air dan satu sendok makan madu sebelum diminum. Dosisnya dua kali pada pagi dan sore hari.

Baca Juga:  Winnie Harlow, Wanita Berkulit Belang Yang Sukses Jadi Model Terkenal

Kedua. Cacingan – Iris atau tumbuk halus rimpang panglay lalu rebus bersama dengan temu hitam, ketumbar, dan tangkai daun seureuh. Setelah dingin, air rebusannya saring dan diminum.

Ketiga. Sakit kuning – Parut rimpang panglay sebanyak 1/2 jari, saring lalu campur sedikit air dan satu sendok makan madu. Dosis minumnya antara 2-3 kali sehari hingga sembuh.

Baca Juga:  Dukung Optimalisasi Gedung Creative Center Di Cirebon, Ini Harapan DPRD Jabar

Keempat. Sakit kepala – Rimpang panglay secukupnya dicuci bersih dan parut. Hasil parutan campur air agar menjadi adonan seperti bubur lalu tempel pada pelipis atau dahi.

Kelima. Nyeri sendi (rematik) – Cuci bersih dan parut sejumlah rimpang panglay. Hasil parutan campur air hingga menjadi seperti bubur untuk dibalurkan pada bagian sendi yang terasa sakit.

Penulis: Muhammad Amaludin