Mencegah Panas Dalam Hingga Kanker, Ini Manfaat Daun Saga

JABARNEWS | BANDUNG – Daun saga merupakan salah satu tanaman yang tumbuh merambat, selain itu daun saga juga memiliki banyak manfaat terutama dalam pengobatan tradisional.

Memiliki rasa manis agak pahit, daun ini termasuk tumbuhan liar yang dapat tumbuh di daerah tropis. Saga diklasifikasikan ke dalam kelompok plantae, yaitu tanaman yang berbunga dan berbuah.

Daun saga diketahui memiliki kandungan senyawa flavonoid (antioksidan), triterpene glycosides, abrin, dan alkaloids. Daun saga juga memiliki efek antibakteri, bantu mengontrol gula darah dan meningkatkan sistem imun.

Baca Juga:  Lakukan Pungli Program PTSL, Kades Cintaraja Tasik Diciduk Polisi

Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami rangum manfaat daun saga bagi kesehatan tubuh:

Pertama. Mengobati Sariawan – Jika sudah kena sariawan, biasanya aktivitas makan dan berbicara jadi terganggu. Nah, daun saga dikenal sejak lama mampu mengatasi sariawan.

Ambil daun saga yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari. Kunyah daunnya, tapi jangan ditelan. Selain itu, Anda juga bisa membuat obat kumur alami dengan air rebusan daun saga.

Kedua. Mencegah Diabetes dan Kanker – Karena mengandung antioksidan, daun saga diketahui memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Antioksidan sejak lama dikenal mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang biasanya menyebabkan penyakit kanker dan diabetes.

Baca Juga:  13.173 Hektare Sawah Di Jabar Kekeringan Hingga Gagal Panen

Ketiga. Melawan Bakteri Jahat – Dalam sebuah penelitian, daun saga diketahui mengandung senyawa saponin. Kandungan senyawa tersebut berkhasiat sebagai antibakteri pada kadar 0,09%.

Hasil pengujian pada ekstrak daun saga yang didapat adalah sebesar 1,19% yang berarti positif sebagai antibakteri karena telah melewati batas minimum pengujian sebelumnya.

Kempat. Meredakan Panas Dalam – Sama seperti sariawan, panas dalam bukan tergolong masalah kesehatan berat. Tapi, kalau sudah mengalami hal ini, pasti Anda merasa tidak nyaman.

Baca Juga:  Catat Tanggalnya! Reggae Star Festival Siap Digelar di Jabar

Untuk meredakan panas dalam, ambil sekitar 10-15 daun saga dan cuci bersih. Rebus daun saga dengan 2 gelas air, dan ambil setengah dari air yang tersisa. Tunggu sampai dingin, saring, kemudian bisa diminum.

Kelima. Meningkatkan Nafsu Makan – Anda juga bisa mengandalkan manfaat daun saga untuk meningkatkan nafsu makan. Daun saga mengandung vitamin B yang berfungsi membantu menambah nafsu makan.

Penulis: Muhammad Amaludin