Sah! Erick Thohir Jabat Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri BUMN, Erick Thohir ditetapkan sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) berdasarkan hasil sidang Tim Formatur Musyawarah Nasional V.

Dalam keterangannya, Sabtu (23/1/2021) Erick Thohir akan menjabat sebagai Ketua Umum Periode 1442-1445 Hijriyah atau 2021 sampai 2024.

Erick Thohir menggantikan pendahulunya yaitu Wimboh Santoso yang juga merupakan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Wimboh menduduki posisi Ketua Umum MES periode 2018 sampai 2021.

Baca Juga:  Kesejahteraan Jadi Harapan Ketua Komisi I DPRD Jabar Pada Bupati Bekasi Baru

Sebelumnya, dalam sambutannya pada Munas V MES, Erick Thohir memaparkan berbagai hal. Diantaranya adalah realita bagaimana bank syariah Indonesia yang penetrasinya masih rendah dibanding dengan negara lain.

“Turki Jordan, jangan lihat Malaysia, tetangga tapi jauh sekali. Ini yang harus jadi fokus, ekonomi syariah menjadi optional yang harus jadi prioritas,” tuturnya dilansir dari CNBC.

Untuk itu, Indonesia harus melakukan intervensi agar ada keberpihakan yang lebih baik. Erick juga menyinggung bagaimana peran di BUMN yang menurutnya tak kalah penting.

Baca Juga:  Tahukah Kamu Jenis Warna Rotator Kata Undang-Undang Lalu Lintas? Berikut penjelasannya

“Memberanikan diri membuat terobosan dengan rencana merger bank syariah di himbara. Tentu seperti strategi yang sudah disampaikan sebelumnya, Himbara sudah punya 4 bank. Bagaimana masing-masing bank akan refocus, targetkan, menjadi pemain stabilisasi keberpihakan kepada ekonomi lebih luas,” ujarnya.

Erick juga menyampaikan apresiasi kepada para pengurus MES yang telah memberikan amanah kepada dirinya. Erick mengatakan, amanah itu akan sangat berat dalam situasi saat ini.

Baca Juga:  Hajat Huluwotan 2019, Wakil TP PKK Jabar: Momen Menjaga Tradisi

“Tapi, Insya Allah dengan gotong royong dan kebersamaan, tantangan yang kita hadapi saat ini Insya Allah bisa kita laksanakan,” kata Erick.

Ia menuturkan Covid-19 menjadi tantangan yang amat berat karena menghantam sendi-sendi perekonomian. Baik dunia usaha, UMKM, dan seluruh masyarakat.

Erick menyatakan, amanah yang diberikan kepadanya harus dijalankan sebaik-baiknya sekaligus meneruskan program-program yang telah dilakukan oleh ketua umums ebelumnya.