Kota Bekasi Diguyur Hujan Deras, 350 KK Terdampak Banjir

JABARNEWS | BEKASI – Sekitar 350 kepala keluarga di delapan RT Kota Bekasi terdampak banjir. Secara umum, terdapat genangan air yang bervariasi mulai dari 10 centimeter hingga sekitar 1,5 meter, untuk kondisi terparah saat ini terjadi di Perumahan Jatibening Permai dengan ketinggian air mencapai 120-an centimeter.

Banjir di Kota Bekasi tersebut terjadi di sejumlah titik akibat adanya luapan kali sekunder usai hujan deras yang melanda daerah tersebut sejak Minggu (24/1/2021), pagi.

Baca Juga:  Keindahan Dari Terasering Persawahan Di Desa Purwaraharja Tasikmalaya, Bikin Rindu Kampung Halaman

“Banjir ini akibat kondisi drainase serta kondisi kali sekunder sekitar perumahan yang airnya meluap karena hujan dari pagi dan intensitasnya cukup lumayan,” kata Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Bekasi Hendra dikutip dari antaranews.com.

“Jadi bukan luapan sungai sebab kalau sungai itu besar, misalnya kali Bekasi. Kalau ini lebih ke kali sekunder di perumahan,” tambahnya.

Baca Juga:  Puluhan Karyawan Terpapar Covid-19, Jasa Tirta II Jatiluhur Berlakukan WFH

Sebagai langkah awal, BPBD Kota Bekasi sudah mengevakuasi warga yang memang mau dievakuasi baik itu ke rumah saudara atau tetangga yang rumahnya berada di lokasi lebih tinggi.

“Hingga saat ini kami masih hilir mudik untuk melakukan evakuasi,” ucapnya.

Dia menyebutkan setidaknya telah menurunkan sekitar 60 orang satgas di sejumlah titik termasuk tiga perahu di daerah Pondok Gede untuk mengevakuasi warga yang dilanda musibah tersebut.

Baca Juga:  Gubernur Lantik Sukaryo Teguh Santoso Sebagai Kepala BKKBN Jabar

Selain Pondok Gede, kata dia, tim juga memonitor di lokasi lainnya yang juga terdampak diantaranya Jatiasih, Rawalumbu dan Bekasi Barat.

Sementara untuk kebutuhan logistik, Hendra mengatakan pihaknya sedang mempersiapkannya dan berharap bantuan tersebut dapat segera turun untuk warga yang membutuhkan.

Sumber: Antara