Diduga Lilin Tersambar Bensin, Seketika Rumah Ludes Terbakar

JABARNEWS | CIANJUR – Api membakar rumah panggung milik Herman (58) dan Oyon (45), warga Kampung Batutulis, RT 1 RW 4, Desa Girijaya, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Minggu (24/1/2021).

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Sidangbarang Dadan Kurniawan mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran pada pukul 17.00 WIB, dan tiba di lokasi pukul 17.10 WIB. 

Dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer, menurut dia, api daoat dipadamkan oleh petugas dalam waktu sekitar satu jam. “Objek yang terbakar satu unit rumah panggung. Penyebab kejadian diduga berasal dari sengatan bensin dari lilin,” katanya.

Baca Juga:  Pansel Serahkan 10 Nama Capim KPK ke Presiden Jokowi

Dia memastikan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Adapun kerugian materil masih dalam perhitungan, tetapi rumah beserta isinya ludes diamuk si jago merah.

Menurut dia, luas rumah yang terbakar berukuran sekitar 80 meter persegi. Jumlah personil yang diturunkan untuk memadamkan api sebanyak enam orang, dengan menggunakan satu unit kendaraan.

Baca Juga:  Fahri Hamzah Bersama Anis Matta Disebut Penggagas Parpol Gelora

“Lokasi rumah untungnya tidak berdempetan, jaraknya jauh dari rumah tetangga lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Herman mengaku, saat kebakaran terjadi dia lagi mengantongi udang dengan bungkus plastik yang direkatkan menggunakan lilin. Bungkusan udang itu kemudian buat berjualan.

Baca Juga:  DJSN: BPJS Kesehatan Defisit Belasan Triliun

“Istrinya lagi memasukkan bensin ke dalam botol atau literan untuk di jual,” akunya, diamini oleh Oyon, warga lainnya rumah sama terbakar.

Dia mengungkapkan, seketika api menyambar bensin dan langsung membesar. Semuanya barang seperti pakaian dan lainnya pun habis terbakar.

“Seluruh bangunan rumah habis terbakar, dan diperkirakan kerugian sekitar Rp 200 juta,” tandasnya. (Mul)