Marak Berita Hoaks, Reisa Broto Asmoro: Penyebarannya Banyak di Medsos

JABARNEWS | JAKARTA – Hoaks berefek pada biasanya informasi sehingga menutupi informasi valid dari sumber-sumber resmi sehingga memperkeruh keadaan dan menimbulkan keresahan. Banyaknya informasi-informasi salah atau hoaks bisa menimbulkan keresahan di masyarakat.

Penyebarannya pun sangat cepat, satu hoaks bisa tersebar ke ribuan orang melalui berbagai platform media. Bahkan, hampir tiap hari ditemukan hoaks, seolah menyebar hoaks sudah menjadi kebiasaan.

“Mudahnya akses konsumsi dan produksi informasi melahirkan dunia yang penuh dengan informasi. Saat ini, kita tidak hanya menghadapi pandemi Covid-19 saja, namun juga infodemi yang berisikan hoaks,” kata Juru Bicara Pemerintah dan Duta Perubahan Perilaku Reisa Broto Asmoro di Jakarta, Senin (25/1/2021).

Baca Juga:  Karyawan yang Di-PHK Difasilitasi Dapat Kartu Prakerja dari Disnaker

Seperti baru-baru ini beredar di media sosial Facebook, sebuah postingan berupa foto seorang bayi. Postingan diiringi dengan narasi yang mengklaim bahwa bayi tersebut merupakan korban vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan penyelidikan Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan penelusuran melalui google search image, foto tersebut pernah diunggah pada 17 September 2016 dan tidak ada kaitannya dengan vaksin Covid-19.

Baca Juga:  Bosan Isolasi Mandiri Di Rumah Jika Terpapar Covid-19? Yuk Simak Tips Berikut

Postingan tersebut baru satu dari sekian banyak hoaks tentang vaksin Covid-19 yang beredar dan berasal dari sumber-sumber informasi yang tidak resmi serta tidak terpercaya. Terkait pandemi Covid-19, sejak pandemi diumumkan pada Maret 2020, sumber informasi resmi pemerintah adalah situs covid19.go.id dan media sosial resmi adalah akun dengan nama lawan Covid-19.

“Kita bisa menemukan bahwa berita yang paling benar tentang vaksinasi Covid-19 yang berasal dari sumber resmi yang mengutip dari para ahli di bidangnya. Berita dari sumber resmi ini sudah diverifikasi secara ilmiah dan akademis,” jelas Reisa.

Baca Juga:  Universitas Sungkyul Korea Belajar Bikin Kopi Di Bandung

“Kita bisa temukan semua informasi tentang penanganan pandemi termasuk 3T dan 3M. Kemudian pemulihan ekonomi nasional, dan yang terkini adalah berita perkembangan program vaksinasi Covid-19,” tambahnya.

Menurut Reisa, penyebaran hoaks berefek pada biasnya informasi sehingga bisa menutupi informasi-informasi yang valid dari sumber-sumber resmi sehingga memperkeruh keadaan dan menimbulkan keresahan di masyarakat. Karenanya, Reisa mengajak untuk melawan dan memerangi hoaks dan memberikan langkah mudah dalam membuktikan hoaks. (Red)