Batre Handphone Anda Mudah Habis Daya, Atasi Dengan Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Handphone merupakan salah satu hal yang saat ini tidak bisa jauh dari kehidupan manusia, oleh sebab itu biasanya hp digunakan lebih dari 8 jam setiap harinya.

Hal tersebut membuat battrey handphone kalian akan lebih boros, saat ini memang teknologi semakin canggih dengan begitu daya dari battrey diperbesar, tetapi percuma apa bila kalian sedang berpergian dan tidak membawa charger.

Oleh sebab itu kami rangkum cara untuk menghemat daya battry hanphone ada, dilansir dari beberapa sumber berikun caranya:

1. Redupkan Layar – Kecerahan layar berpengaruh signifikan terhadap konsumsi baterai, jadi aturlah tingkat kecerahan layar menjadi seminimal mungkin. Hal ini karena semakin terang cahaya layar yang digunakan maka akan semakin besar pula energi yang digunakan untuk menyalakan layar tersebut.

Baca Juga:  Petugas Temukan Satu Penumpang Reaktif Covid-19 di Terminal Garut

Selain itu, matikan juga fitur kecerahan otomatis (Auto Brightness). Fitur ini memang bisa menyesuaikan kecerahan berdasarkan kebutuhan, tetapi juga dapat meningkatkan kecerahan layarmu lebih tinggi dari yang seharusnya.

2. Nyalakan Power Saving Mode – Bagi pemilik HP Android yang sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop, kamu bisa menghemat daya tahan baterai Android dengan mengaktifkan fitur Power Saving Mode.

Pada mode ini semua fungsi smartphone yang mengonsumsi baterai kamu akan dibatasi, dari mulai kecerahan layar, koneksi mobile, WiFi, hingga lokasi.

Baca Juga:  Tiga Mitos Agar Cepat Hamil, Salah Satunya Makan Toge

3. Matikan Lokasi GPS – Matikanlah fungsi GPS sepenuhnya bila tidak sedang digunakan, pasalnya fitur tersebut cukup banyak menyedot daya baterai, apalagi bila menggabungkannya dengan beberapa modul lain termasuk Wi-Fi dan Bluetooth untuk mendeteksi lokasi.

Kamu bisa langsung menonaktifkan fitur lokasi dari menu notifikasi yang biasanya digulirkan ke bawah. Atau kamu juga bisa buka Pengaturan> Keamanan dan lokasi> geser tombol Lokasi untuk menonaktifkan opsi ini.

4. Gunakan Charger Original – Penggunaan charger original setiap kali mengisi ulang baterai HP Android sangat berpengaruh besar pada umur baterainya. Selain itu, hindari juga menggunakan charger abal-abal.

Baca Juga:  Indocement Dirikan Dapur Umum untuk Korban Banjir di Sukajaya

Beberapa charger abal-abal sering menawarkan iming-iming pengisian baterai yang lebih cepat, tapi kenyataannya baterai pun juga lebih cepat habis dan tak jarang malah menyebabkan kerusakan pada baterai.

5. Batasi Aplikasi yang Berjalan – Sebagian besar aplikasi yang kamu gunakan akan tetap aktif bahkan setelah tidak digunakan lagi. Di situlah baterai HP Android terkuras. Android memiliki fitur untuk membatasi dan menutup secara keseluruhan aplikasi terbuka di latar belakang. Beberapa HP Android bisa dengan cukup menekan tombol home atau tombol lain selama beberapa detik untuk menutup aplikasi di belakang layar.

Penulis: Muhammad Amaludin