GTPP Covid-19 Sebutkan Jadwal Vaksinasi di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Program Vaksin Covid-19 di Kabupaten Purwakarta belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Paling cepat, program tersebut akan dilaksanakan pada awal Februari 2021.

Namun informasi yang diperoleh, vaksin akan tiba di Purwakarta pada akhir Januari 2021.

Menurut, Ketua Harian Gugus Tugas (GTPP) Covid-19 Purwakarta, Iyus Permana, Vaksinasi Covid-19 perdana di Kabupaten Purwakarta dalam pembahasan dan masih menunggu droping dari Pemprov Jabar.

Baca Juga:  Tiga Kriteria Cawapres yang Diinginkan Anies Baswedan, Ini Sosoknya?

Dijelaskannya, awalnya vaksin akan di drop pada 22 Januari 2021 namun sesuai jadwal dari Pemprov Jabar, distribusi vaksin diundur menjadi 27 Januari 2021.

“Alokasi vaksin untuk Kabupaten Purwakarta sebanyak 4.220 dosis, dan vaksinasi perdana adalah untuk para nakes dilanjutkan untuk anggota TNI dan Polri serta ASN bidang pelayanan publik,” ujar dia kepada awak media, Senin (25/1/2021).

Baca Juga:  Antisipasi Formalin, Bahan Makanan Di Pasar Ini Diperiksa Intensif

Sementara bagi masyarakat umum, Iyus memprediksi setelah lebaran Idul Fitri dan diharapkan dalam pelaksanaanya berjalan aman dan lancar.

Selain itu, lanjut dia, terkait kebijakan pemerintah pusat tentang vaksinasi mandiri perusahaan, dia mengaku mendukung penuh karena kebijakan tersebut sangat positif terhadap APBD.

“Kami sangat mendukung kebijakan vaksinasi mandiri. Tentunya akan terjadi efisiensi anggaran untuk alokasi vaksinasi. Sudah terbayang apabila semuanya dibiayai APBD, anggaran pastinya habis,” papar Pria yang menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta itu.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Bertemu Mang Engkoy, Sang Perakit Mobil Multi Fungsi

Sejauh ini, Iyus menambahkan, kebijakan refocusing terhadap APBD Purwakarta 2021 akan kembali diterapkan, untuk kebutuhan vaksinasi pemkab bakal memangkas Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 4% atau sekitar antara Rp33-35 miliar.

“Sementara ini baru teralokasi Rp15 miliar,” singkatnya. (Gin)