Berikut Lima Penyakit Penyebab Kematian Terbanyak Di Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Penyakit merupakan kondisi tertentu yang mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh tubuh makhluk hidup secara negatif, penyakit itu sendiri rata-rata datang di akibatkan dari pola hidup yang kurang baik.

Berdasarkan dari pandangan medis penyakit memiliki banyak jenisnya, dari mulai penyakit ringan seperti flu, hingga penyakit kanker yang bisa mengakibatkan meninggal dunia.

Dari mulai penyakit diabetes hingga jantung belakangan ini sering terjadi di negara Indonesia, biasanya penyakit tersebut lebih sering menyerang orang dewasa tetapi juga tidak menutup kemungkinan bahwa remaja sampai anak kecil juga terkena penyakit tersebut.

Baca Juga:  Gara-gara Ini, Sembilan Pendaki yang Hilang Kontak di Gunung Gede Pangrango Di-blacklist

Oleh sebab itu kami rangkum beberapa penyakit, dilansir dari beberapa sumber berikut berbagai jenis penyakit yang sering mengakibatkan kematian di Indonesia:

Pertama. Penyakit Jantung – Berdasarkan beberapa sumber, penyakit satu ini ikut bertanggung jawab atas 30 persen angka kematian di Indonesia, penyakit ini diakibatkan dari tersumbatnya pembuluh darah yang mengarah ke jantung.

Penyumbatan tersebut biasanya diakibatkan oleh kolesterol yang menumpuk sehingga membentuk plak aterosklerosis sehingga menyumbat aliran darah dan berujung kepada serangan jantung.

Kedua. Penyakit Infeksi – Infeksi merupakan salah satu penyakit yang digadang-gadang banyak menyebabkan kematian, Penyebab infeksi bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena bakteri jahat ataupun virus.

Baca Juga:  Ratusan Jemaah Pondok Pesantren di Subang Keracunan Massal, Begini Penjelasan Dinas Kesehatan

Biasanya orang yang telah terinfeksi perlu waktu yang cukup lama untuk menyembuhkanya, bakan apabila tidak kunjung sembuh bisa sampai berujung kematian. Seperti saat ini seluruh dunia sedang heboh dengan virus covid-19.

Ketiga. Kanker – Penyakit satu ini terjadi ketika sel tumbuh mengalami pertumbuhan secara abnormal, salah satu penyakit kanker yang banyak merenggut nyawa masyarakat Indonesia adalah sirosis alias kanker hati.

Keempat. Diabetes – Penyakit metabolik lain yang juga banyak merenggut nyawa penduduk Indonesia adalah diabetes. Penyakit ini terjadi ketika insulin tidak mampu mengolah gula darah di dalam tubuh. Oleh sebab itu, penyakit diabetes sangat identik dengan kadar gula darah yang tinggi.

Baca Juga:  Kades Jatimekar Tersandung Kasus Hukum dan Belum Diberhentikan, Bupati Purwakarta Tanggapi Ini

Kelima. Stroke – Stroke menjadi penyakit tidak menular yang menyebabkan kasus kematian terbanyak. Pada tahun 2018 prevalensi stroke naik dari 7% menjadi 10,9%. Walaupun kasus stroke sering ditemukan pada kelompok usia 45-74 tahun, stroke juga banyak ditemukan pada kelompok usia 15-24 tahun di Indonesia.

Penulis: Muhammad Amaludin