Penuhilah Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh Atau Ini Yang Akan Terjadi

JABARNEWS | BANDUNG – Menjaga cairan tubuh agar tetap terpenuhi merupakan salah satu hal yang penting agar fungsi organ dalam tubuh kita bisa maksimal, pasalnya air merupakan komponen yang sangat penting bagi tubuh kita.

Oleh sebab itu kita harus menjaga cairan dalam tubuh kita, kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh, yaitu sekitar 20%. Bukan hanya itu, dilansir dari beberapa sumber ini hal yang terjadi jika tubuh kekurangan cairan:

Baca Juga:  23.000 SDM Kesehatan di Kota Bandung Siap Jadi Penerima Vaksin

1. Kelelahan – Ketika kehilangan cairan melalui keringat, buang air kecil, diare atau muntah, maka tubuh memerlukan asupan cairan untuk menggantikannya. Bila tak segera diatasi, darah dapat mengental, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan oksigen ke berbagai organ tubuh.

2. Batu ginjal – Semakin sedikit konsumsi air minum akan menyebabkan berkurangnya frekuensi buang air kecil. Namun, tubuh tetap perlu mengeluarkan berbagai bahan sisa metabolisme. Jika tidak segera dikeluarkan, bahan sisa metabolisme tubuh menjadi lebih pekat dan memperbesar risiko Anda mengalami batu ginjal.

Baca Juga:  Gawat, Masih Ada Pejabat Sergai Malu Pakai Plat Merah

3. Kulit kering – Salah satu tanda untuk mengetahui apakah Anda menderita dehidrasi kronis yang terjadi dalam jangka waktu lama adalah dengan melihat keadaan kulit. Jika kulit terlihat pecah-pecah, tampak kusam, dan kering sepanjang waktu, kemungkinan besar Anda perlu mulai minum lebih banyak air.

4. Berkurangnya Fungsi Otak (Lemot)- Ketika tubuh mengalami dehidrasi, sel-sel tubuh mengirimkan sinyal rasa haus ke otak. Ketika kebutuhan cairan itu tidak kita penuhi, kita rentan mengalami perubahan suasana hati dan penurunan kinerja kognitif.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Asmara 20 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Leo dan Virgo

5. Aliran darah – Tubuh kita membutuhkan cairan untuk membuat darah. Ketika asupan cairan berkurang, volume darah juga menurun. Kondisi ini terjadi ketika volume darah terlalu rendah dan menyebabkan penurunan besar dalam tekanan darah serta jumlah oksigen dalam darah.

Akibatnya, jantung tidak mampu memompa cukup darah ke seluruh tubuh, yang dapat menyebabkan kegagalan organ. Ketika volume darah terlalu rendah, tubuh meningkatkan denyut jantung dan laju pernapasan untuk mengimbanginya.

Penulis: Muhammad Amaludin