Dipercaya Bisa Meredam Sakit Haid, Ini Manfaat Air Daun Serai

JABARNEWS | BANDUNG – Sereh yang biasa kita merupakan salah satu bumbu  yang wajib kita gunakan untuk membuat nasi liwet, biasanya daun tersebut dipadukan dengan daun salam agar nasi liwet tersebut tercium harum.

Tetapi tahukah kalian ? Daun sereh ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, pasalnya tanaman satu ini jika dijadikan minyak atsiri yang banyak digunakan untuk membuat parfum dan kosmetik.

Bukan hanya itu saja kegunaan daun serai, dilansir dari beberapa sumber berikut manfaat daun ini bagi kesehatan :

Baca Juga:  Bukti Sudah Kuat, Polisi Amankan Dua Terduga Pelaku Mutilasi Ojol di Bekasi

Pertama. Cegah Kanker – Serai dipercaya mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker, bahkan berdasarkan penelitian daun satu ini bisa mematikan sel kanker tanpa menyerang sel tubuh yang sehat.

Kedua. Kulit yang halus – Memiliki Kulit yang mulus dan sehat tentunya menjadi impian semua orang, terutama bagi kalian para wanita. Minyak serai ini dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit muka kita dari serangan jerawat.

Baca Juga:  Penderita ODHA di Cianjur Bertambah 82 Orang Selama 2022, Rerata Didominasi Homoseksual

Ketiga. Antimikroba – Memiliki kandungan antimikroba, biasanya digunakan untuk mengobati sakit gigi yang disebabkan oleh gigi yang berlubang dan juga bau mulut. 

Hal tersebut dilakukan dengan cara kalian merebus daun serai, ketika sudah direbus lalu kumurkan air tersebut untuk menghilangkan bakteri di mulut anda.

Keempat. Bisa menurunkan berat badan – Bukan hanya bisa mengobati sakit gigi dan bau pada mulut, air rebusan serai juga ternyata bisa membantu menurunkan berat badan jika diminum.

Baca Juga:  Berikut Lima Tanaman Hias Termahal Di Indonesia Pada Saat Pademik

Langkang tersebut tentunya sangat membantu bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan tanpa melakukan diet yang begitu ekstrim karena kandungan dari detoksifikasi yang bisa melancarkan metabolisme tubuh.

Kelima. Meredam sakit Haid – Bagi para kaum wanita, air rebusan sereh memiliki manfaat yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kram pada saat menstruasi, kembung, dan rasa panas. 

Penulis: Muhammad Amaludin