Bisa Mengobati Gigitan Ular, Ini Manfaat Kunyit

JABARNEWS | BANDUNG – Tidak cuma menyedapkan masakan, kunyit atau kunir adalah rempah yang juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Anda mungkin sudah cukup familiar dengan manfaat kunyit untuk meredakan gangguan pencernaan.

Buka hanya itu saja Saat dipakai sebagai obat tradisional, kunyit biasanya disajikan dalam bentuk ramuan campuran atau gabungan komposisi dengan empon-empon lainnya.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut lima manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh:

Baca Juga:  Bagaimana Nasib Pegawai Non ASN Kota Bandung Setelah Adanya Penghapusn, Begini Jawaban Yana Mulyana

1. Meredakan peradangan – Zat aktif kurkumin dalam kunyit adalah antioksidan yang mengandung efek anti radang poten. Ada kurang lebih 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit segar yang diparut halus atau versi bubuknya.

2. Mengobati maag – Kunyit sudah sejak lama populer digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami. Maka ketika gejala maag kambuh, tidak ada salahnya menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyerinya.

Baca Juga:  Agar Pencernaan Sehat, dr. Saddam Ismail: Lakukan Cara Sederhana Ini

3. Mengurangi mual – Ketika diracik dengan bubuk lada hitam, kunyit dikatakan manjur untuk meredakan mual  ketimbang jika dikonsumsi sendiri.

4. Meredakan nyeri haid – Kandungan kurkumin kunyit memiliki khasiat pereda nyeri alami (analgesik) yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

Baca Juga:  Mulai dari Azyumardi Azra hingga Din Syamsuddin, Ini 45 Tokoh yang Galang Petisi Batalkan Ibu Kota Negara

5. Mengobati gigitan ular – Banyak tanaman obat yang direkomendasikan untuk mengobati gigitan ular. Salah satunya kunyit putih. Kunir putih manjur untuk menetralkan racun gigitan ular karena ekstraknya bekerja menghambat aktivitas bisa ular dalam darah. Ini pada akhirnya akan menurunkan efek perdarahan dalam yang bisa berakibat fatal.

Penulis : Muhammad Amaludin