Puluhan Relawan Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19 Ikuti Pelatihan Khusus

JABARNEWS | CIREBON – Puluhan relawan kemanusiaan yang mengurus jenazah atau pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di Kota Cirebon mendapatkan pelatihan khusus

Kegiatan yang bekerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui Satgas Covid 19 Kota Cirebon dengan Attaqwa Center Cirebon (DKM Masjid Raya At-Taqwa) itu digelar selama 2 hari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan puluhan relawan ini untuk menangani jenazah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan meninggal dunia di rumah.

Baca Juga:  Peringatan Dini dari BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

“Targetnya jenazah pasien Covid-19 ditangani dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan syariat agama,” katanya, Rabu (27/01/2021).

Agus mengungkapkan untuk pasien Covid-19 yang meninggal dunia di rumah sakit sudah ditangani oleh petugas dari Satgas Covid-19 di rumah sakit.

“Pembiayaan pemulasaran jenazah pasien Covid-19 yang meninggal di rumah akan ditanggung oleh Pemda Kota Cirebon,” katanya.

Baca Juga:  Tidak Ada dalam Pembahasan DPRD Jabar, Monumen Perjuangan Pahlawan Covid-19 Besutan Ridwan Kamil Dipertanyakan

Pada saat yang sama Ketua Attaqwa Center Cirebon Ahmad Yani berterima kasih kepada Satgas Covid 19 Kota Cirebon yang telah berkenan untuk kolaborasi dengan Attaqwa Center Cirebon dalam pelatihan 44 relawan yang akan bertugas dalam pemulasaran jenazah pasien Covid-19.

“Attaqwa Center Cirebon akan membuka call center untuk menerima laporan dari masyarakat jika ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia di tempat tinggalnya,” katanya.

Baca Juga:  Soal Peringatan Hari Bhakti Transmigrasi ke 71, Ini Kata Dirjen PPKTrans

Ahmad Yani menjelaskan, untuk tiap penanganan jenazah pasien Covid-19 pihaknya akan menurunkan 4 orang yang sudah mendapatkan pelatihan tentang protokol kesehatan dan syariat penanganan jenazah.

“Tim relawan akan mengurus jenazah dari awal sampai mengantarkan ke pemakaman,” katanya. (Arn)