Bisa Hilangkan Strees, Ini Manfaat Memelihara Hewan

JABARNEWS | BANDUNG – Memelihara hewan saat ini menjadi salah satu hobi dan kesenangan bagi sebagian orang. Ada yang bilang bahwa memelihara hewan bisa membuat kita merasa senang.

Hal tersebut terjadi karena biasanya hewan yang ada pelihara lucu dan dapat menghibur anda seperti kelinci, kucing, dan masih banyak hewan peliharaan lain.

Karena itu, memelihara hewan bisa mendapatkan banyak manfaat, bukan hanya kebahagian memelihara hewan dipercaya baik juga untuk kesehatan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaatnya :

Baca Juga:  Hati-hati! Menurut dr. Harrina Ini Bisa Jadi Penyebab Infeksi Saluran Kemih

1. Menurunkan stres – Hewan perliharaan dapat menurunkan stres seseorang. Biasanya, orang akan lelah dan stres karena bekerja atau belajar. Dengan memiliki hewan peliharaan, hal itu dapat membuat seseorang menjadi rileks karena merasa ada yang menemani.

2. Menjaga Kesehatan Jantung – Bermain bersama seekor anjing atau kucing atau sekadar melihat ikan-ikan berenang di akuarium ternyata baik untuk kesehatan jantung.

Menikmati saat-saat bersama hewan peliharaan, nyatanya dapat membuat detak jantung Anda lebih teratur dan mampu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga:  Didatangi Dewan Da'wah Islamiyah, DPRD Jabar Tolak Semua Bentuk Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi

3. Menjaga Kadar Kolesterol- Orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih optimal dibandingkan dengan orang yang tidak.

Alasan dari adanya kondisi tersebut memang masih belum jelas. Namun, beberapa ahli menduga bahwa kadar kolesterol yang optimal pada orang-orang tersebut bisa terjadi karena mereka menjalani gaya hidup lebih aktif lantaran harus mengurus hewan peliharaan.

4. Meningkatkan Kebugaran – Anda mungkin akan lebih aktif untuk berjalan-jalan bersama hewan peliharaan untuk mengitari lingkungan rumah. Seperti diketahui, berjalan adalah jenis olahraga ringan yang juga mampu meningkatkan kebugaran apabila dilakukan secara rutin dan teratur.

Baca Juga:  Beberapa Klub Malam di Bandung Langgar PPKM, Luhut Binsar Pandjaitan Ungkap Modusnya

5. Menjaga Tekanan Darah – Dalam salah satu satu penelitian terhadap 240 pasangan yang menikah, pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah dan detak jantung yang relatif rendah saat istirahat dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Penulis: Muhammad Amaludin