Live Stream Bandung 132 TV


Warga Bandung Jangan Jual Lahan Persawahan, Pemkab: Mungkin Ada Pajak Gratis

Pemkab Bandung mengantisipasi adanya pembangunan lahan persawahan jadi perumahan

Ilustrasi (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Pemerintah Kabupaten (Pembkab) Bandung melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) tengah melakukan upaya agar tidak ada lagi kejadian lahan sawah jadi perumahan dan warga menjual lahan persawahannya.

Kepala Bidang Pendapatan 2 (PBB) Bapenda Kabupaten Bandung, Kan Kan Taufik Hermawan mengatakan, bahwa pihaknya akan mengupayakan wilayah persawahan di Kabupaten Bandung tidak dikenakan pajak untuk menjaga warga tidak menjual lahan tersebut.

Baca Juga:

Ratusan Simpatisan Habib Rizieq Ditangkap Polisi, Ada Yang Bawa Sajam

Mengenal Ragam Jenis Sajadah Yang Nyaman Untuk Sholat



"Jadi kalau ada masyarakat yang tidak menjual (lahan) itu harus kita apresiasi. Mungkin bisa gratis atau bisa dapat diskon (pajak), itu kita akan godok sesuai aturan yang berlaku," kata Kan Kan, dilansir dari Radar Bandung pada Kamis (28/1/2021).

Meskipun, kata Kan Kan, pajak bersifat memaksa, ia berharap pajak tak sampai memberatkan para pemilik lahan hingga mendorong mereka menjual lahan pertaniannya. Karena itu, pemilik lahan pertanian yang bisa mempertahankan lahannya agar tidak menjadi perumahan perlu diberikan apresiasi.

Ia mengilustrasikan, jika penghasilan petani dalam setahun panen sebanyak satu ton. Jika dikalikan Rp5 ribu artinya menjadi Rp5 juta. Sementara biaya PBB yang harus dibayarkan sebesar Rp6 juta.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Pemkab Bandung Bapenda Bandung Pajak Lahan Persawanan Perumahan Warga Bandung Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Ridwan Kamil: Pekan Ini Tidak Ada Zona Merah di Jawa Barat

Begini Cara Mendapatkan Kebahagiaan Bagi Seorang Muslim

Varian Delta Bisa Menular Hanya dengan Berpapasan, Apa Benar?

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi