Kaya Akan Vitamin C, Rambutan Dipercaya Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Siapa sih yang tidak kenal dengan buah berbentuk unik ini? Rambutan memang menjadi salah satu buah yang umum dijumpai di Indonesia. Alasannya, tentu karena buah ini hanya tumbuh di kawasan tropis saja dan Indonesia adalah salah satunya.

Mencari buah rambutan tentu tidaklah sulit kita dapat menemukannya di pasar tradisional, rambutan juga mudah ditemui di kedai toko buah pinggir jalan, penjual buah keliling, hingga toko buah modern sekalipun.

Banyak orang yang enggan mengonsumsi buah ini karena bentuk fisiknya yang terkesan tidak lazim dibanding buah kebanyakan. Tentu saja karena kulitnya yang ditumbuhi banyak rambut. Meski begitu, rambutan menyimpan segudang manfaat.

Baca Juga:  Pelatih Persib Belum Berencana Pulang ke Belanda, Pilih Tetap di Bandung

Apalagi, serat, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalamnya terbilang tinggi. Sayangnya, hal itu justru jarang disadari banyak orang. Sebagai gambaran, mengonsumsi 5-6 buah rambutan bisa memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat buah rambutan bagi kesehatan:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan – Rambutan dipercaya dapat membantu kalian yang sedang menjalani program penurunan berat badan, itu terjadi karena kandungan dalam 100 gram buah rambutan berisi 75 gram kalori dan 2 gram serat.

Baca Juga:  Mengenal Ragam Jenis Saluran Air Hujan di Atap Rumah

2. Membantu Mengatasi Infeksi – Rambutan juga dipercaya dapat membantu melawan infeksi di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalam buah rambutan dapat mendorong produksi sel darah putih yang berfungsi untuk meredakan infeksi.

3. Kaya nutrisi dan antioksidan – Buah satu ini dipercaya dapat membantu menyerap zat besi lebih mudah di dalam tubuh, karena buah rambutan mengandung kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alias penangkal radikal bebas.

Baca Juga:  Coba Lagi, Segini Siswa Yang Lulus SNMPTN 2022,

4. Melancarkan pencernaan – Rambutan termasuk salah satu jenis buah-buahan yang baik untuk melancarkan pencernaan, sekitar setengah daging buah rambutan mengandung serat tidak larut air. Maksudnya, jenis serat ini tidak menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan.

5. Menjaga kekebalan tubuh – Para ahli mengungkapkan bahwa manfaat buah rambutan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal LWT-Food Science and Technology tahun 2009, buah rambutan mengandung sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Penulis: Muhammad Amaludin