Begini Cara DKUPP Purwakarta Disiplikan Protokol Kesehatan di Pasar

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pembinaan langsung secara berkala untuk pedagang pasar terkait penerapan protokol kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid-19, mulai dilakukan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kabupaten Purwakarta.

Menurut, Kepala Bidang Industri dan Perdagangan pada DKUPP Kabupaten Purwakarta, Wita Gusrianita, untuk program monitoring dan pengawasan secara berkala tetap dilakukan.

“Langkah awal pembinaan dan sosialisasi, kalau sekarang dikaitkan dengan pandemi prokes dan pembinaan pedagang,” ucap Wita, pada Kamis (28/1/2021).

Baca Juga:  Akhirnya, Kabupaten Cianjur Rekomendasikan Kenaikan UMK Sebesar 6,5 Persen

Ia menjelaskan, pembinaan tersebut dilakukan agar sebisa mungkin para pedagang khususnya di pasar tradisional ‘safety’ dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Kita imbau untuk para pedagang juga memperhatikan kebersihan kiosnya, rencana tahun ini ada rencana ke arah sana, khususnya untuk pembinaan pasar Wanayasa, Citeko, dan Pasar Leuwi Panjang,” bebernya.

Baca Juga:  Kajati Jabar Minta Seluruh Jajarannya Terbuka Terhadap Awak Pers

Wita menambahkan, malah untuk di pasar Citeko ada pembinaan langsung dari Kementerian Kesehatan dan Kemendag untuk pasar sehat tanggap Covid-19, karena fokus utamanya adalah pembenahan utama di SDM pedagangnya.

“Apabila pasar rakyat menjadi cluster penyebaran Covid 19, salah satu antisipasinya adalah penguatan prokes di pasar melihat lonjakan kasus Covid-19 diberlakukan, kita siapkan pedagang sadar dan mau melaksanakan sistem shift. Tapi di Purwakarta pasar masih aman untuk sebaran Covid-19,” ungkapnya.

Baca Juga:  Antisipasi Banjir di Tujuh Kecamatan di Karawang, Puluhan Perahu Disiapkan

Wita berharap, pelaksanaan pembinaan tersebut sudah terealisasi di awal tahun 2021.

“Mudah-mudahan di triwulan satu tahun ini atau awal triwulan dua,” harapnya.

Penulis: Gingin Ginanjar