Inilah Lima Cara Aman Berkendara Motor Saat Musim Hujan

JABARNEWS | BANDUNG – Saat ini telah memasuki musim hujan, bagi kalian yang mempunyai kesibukan untuk beraktifitas di jalan sambil hujan-hujanan.

Ketika hujan mulai mengguyur, genangan dan aliran air berpotensi membahayakan pengendara, Jika tidak hati-hati kendaraan anda bisa mengalami slip dan berujung dengan kecelakaan.

Oleh sebab itu kami rangkum beberapa cara berkendara aman saat hujan, dilansir dari banyak sumber berikut caranya:

Pertama. Periksa semua lampu kendaraan apakah semua dapat berfungsi dengan baik – Agar lampu tersebut bermanfaat membantu anda melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan.

Baca Juga:  Lima Cara Memilih Jenis Keramik Untuk Di Kamar Mandi

Nyalakan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik karena membantu pengendara lain melihat kendaraan anda hindari penggunaan lampu yang tidak terlihat saat hujan.

Kedua. Periksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan Anda yaitu kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik dan berikan perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi ketika tiba-tiba keadaan darurat terjadi akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan hal yang tidak kita inginkan.

Baca Juga:  3 Makanan Ini Dipercaya Bisa Mempercepat Haid Pada Wanita

Ketiga. Periksa kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali – kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan meminimalisir terjadinya slip pada saat hujan. Jangan sesekali mengambil resiko dengan memaksa menggunakan ban yang sudah tipis.

Keempat. Kurangi kecepatan Anda dalam mengendarai kendaraan karena pada saat hujan karena permukaan jalan licin akibat dari bercampurnya oli dengan air agar ban anda tidak tergelincir (selip).

Baca Juga:  Sambangi Rumah Janda di Purwakarta, Pria Asal Karawang Dikeroyok 6 Orang

Menjalankan kendaraan dalam kondisi kecepat rendah akan membuat alur ban kendaraan kalian lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal sehingga membuat daya cengkram ban lebih baik.

Kelima. Jaga jarak aman kendaraan Anda dengan pengendara lain karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

Penulis: Muhammad Amaludin