Gus Yaqut Yakini Kapasitas Kapolri Baru Jamin Toleransi Umat Beragama

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meyakini kapasitas menjaga toleransi umat beragama dari Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dilantik menjadi Kapolri baru menggantikan Jenderal Idham Azis yang telah purnatugas.

“Kami sangat berharap Pak Listyo Sigit bisa bersama-sama dengan kita semua mewujudkan toleransi beragama agar terus kokoh,” kata Gus Yaqut kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/1/2020).

Baca Juga:  5 Tips Sembuhkan Asam Urat, Salah Satunya Perbanyak Aktivitas Fisik

Menag mengatakan komitmen tinggi dari Jenderal Listyo memberikan dampak positif terhadap umat beragama di Indonesia. Kendati terdapat satu dua kasus perselisihan tetapi secara umum kerukunan di Indonesia sudah terbukti berjalan dengan baik.

Kementerian Agama, kata dia, siap meningkatkan kerja sama dengan kepolisian terutama dalam rangka memberikan perlindungan keamanan agar umat bisa menjalankan kegiatannya dengan tenang dan khusyuk.

Baca Juga:  Game Offline Populer Untuk Anak 5 Tahun Pada Play Store, Berikut Pilihannya

Ia berharap tekad dan komitmen Jenderal Listyo Sigit yang akan membawa perubahan lembaga kepolisian seperti dengan kerja-kerja yang presisi, transparan dan berkeadilan memberikan harapan baru bagi masyarakat.

Menag yakin semangat itu bisa diwujudkan segera dengan mengoptimalkan segala potensi yang ada di tubuh kepolisian.

Baca Juga:  Selama Tahun 2020, Satres Narkoba Polres Cirebon Ungkap 122 Kasus

Menteri mengatakan, di antara persoalan agama yang muncul beberapa waktu terakhir adalah perusakan tempat ibadah, penyerangan tokoh agama, penistaan agama dan pelarangan umat dalam beribadah.

Potensi terulangnya kasus serupa di masa mendatang, kata dia, masih terbuka terjadi jika tak ada langkah antisipasi yang baik. (Red)