Live Stream Bandung 132 TV


Membangun Wilayah Tangguh Bencana Dalam Perspektif Islam

Yuyun Suminah, (Foto: Istimewa)

Salah satu Kerusakan alam yang terjadi diantaranya di sungai Citarum dan sungai Cilamaya yang mengalami pencemaran oleh limbah pabrik, disinyalir pencemaran tersebut diakibatkan banyak pemukiman dan Industri yang berdiri di sekitar sungai.

Berdirinya industri tersebut sudah pasti mereka mengantongi izin usaha dari pemerintah. Namun, disisi lain pemerintah juga yang kelimpungan mengatasi dampak dari pemberian izin tersebut. Karena lebih memilih ekonomi dari pada rakyatnya, seharusnya pemerintah mengukur potensi lebih besar mana keuntungan yang didapatkan dengan dampak kerusakan alam yang ditimbulkan. Kebijakan seperti inilah yang banyak menyebabkan permasalahan lingkungan.

Baca Juga:

Berikut Besaran Zakat Fitrah 1442 Hijriah Seluruh Daerah Di Jawa Barat

Ini Tanggapan Menag Terhadap Kasus Joseph Paul Zhang



Seperti itulah gambaran dalam sistem demokrasi- kapitalis, sistem yang sudah rusak dari akarnya, sistem yang melahirkan manusia-manusia serakah, sistem yang tidak mampu mengurus lingkungan dan memberikan tempat nyaman dan aman bagi masyarakat.

Setiap kebijakan yang diambil dalam sistem bathil tersebut selalu orientasinya materi. Kerusakan alam karena pembangunan yang tidak sesuai dengan tata ruang. Sehingga wajar bencana yang diakibatkan dari kerusakan tersebut sering terjadi.

Seperti kebijakan defortase hutan yang seharusnya jadi lahan resapan air kini dirubah menjadi lahan terbuka untuk perkebunan, tempat wisata dan tempat bisnis lainnya. Lantas bagaimana mau menjadikan daerah tangguh bencana jika potensi bahayanya saja tidak dihilangkan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Siaga Bencana Penangan Bencana Islam Bencana Indonesia Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Menjajal Olahraga Paralayang Di Tempat Wisata Gunung Lingga Sumedang

TNI AL Gagalkan Penyelundupan 100 Kg Narkoba dari Malaysia

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi