Live Stream Bandung 132 TV


Membangun Wilayah Tangguh Bencana Dalam Perspektif Islam

Yuyun Suminah, (Foto: Istimewa)

Berbeda dalam sistem Islam yang rahmatan lil'alamin membawa rahmat kepada seluruh penduduk bumi tidak hanya kepada manusia, hewan bahkan tumbuhan pun ikut mendapatkan rahmat-Nya. Ada 2 tahapan siaga bencana dalam perspektif Islam.

1. Sebelum Terjadinya Bencana.
Sebuah perkiraan atau analisis dampak yang menyebkan potensi bahaya itu akan terjadi, dalam hal ini berkaitan dengan kebijakan yang dibuat. Seperti negara akan mempetakan daerah mana saja yang termasuk daerah resapan air. Untuk daerah resapan air negara akan tegas melarang pihak individu maupun swasta mendirikan bangunan apapun di tanah tersebut. Sedangkan lahan yang tidak termasuk kedalam tanah resapan air negara membolehkan melakukan pembamgunan dengan catatan bermanfaat untuk rakyat.

Baca Juga:

Berikut Besaran Zakat Fitrah 1442 Hijriah Seluruh Daerah Di Jawa Barat

Ini Tanggapan Menag Terhadap Kasus Joseph Paul Zhang



2. Setelah Terjadinya Bencana. ketika potensi bencana sudah dihilangkan namun bencana tetap terjadi itu artinya sudah ketetapan-Nya, yang menandakan kekuasaan dan kebesaran-Nya atas alam ini. Bencana tersebut akan menjadi sebuah ujian dan dengan ujian ini bisa menumbuhkan keimanan dalam diri kita.

"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat”. (TQS. Al-Baqarah: 214) (*)

Isi tulisan ini sepenunya tanggungjawab penulis
Halaman sebelumnya  1 2 3
Tags : Siaga Bencana Penangan Bencana Islam Bencana Indonesia Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Menjajal Olahraga Paralayang Di Tempat Wisata Gunung Lingga Sumedang

TNI AL Gagalkan Penyelundupan 100 Kg Narkoba dari Malaysia

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi