Harga Saham ANTM Naik, Berikut Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – PT Aneka Tambang Tbk yang disingkat Antam, merupakan anak perusahaan BUMN pertambangan Inalum. PT Antam didirikan pada tanggal 5 Juli 1968. Kegiatan Antam mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari sumber daya mineral.

Pendapatan PT Antam diperoleh melalui kegiatan eksplorasi dan penemuan deposit mineral, pengolahan mineral tersebut secara ekonomis, dan penjualan hasil pengolahan tersebut kepada konsumen jangka panjang yang loyal di Eropa dan Asia.

Kegiatan ini telah dilakukan semenjak perusahaan berdiri tahun 1968. Komoditas utama Antam adalah bijih nikel kadar tinggi atau saprolit, bijih nikel kadar rendah atau limonit, feronikel, emas, perak dan bauksit. Jasa utama Antam adalah pengolahan dan pemurnian logam mulia serta jasa geologi.

Baca Juga:  Menengok Aksi Nyata Bela Purwakarta dalam Gerakan Peduli Kemanusiaan Korban Bencana

Selain Aneka Tambang, Pemerintah RI juga membentuk dua buah perusahaan pertambangan lain sebagai pengelola pertambangan timah yakni PN Timah dan pertambangan batu bara milik Negara yakni PN Batubara, keduanya adalah peralihan dari BPU Timah yang beroperasi di P. Bangka, P. Singkep, P. Belitung dan BPU Batubara yang mengelola tambang batubara di Sawahlunto, Muara Enim dan Samarinda.

Usai Pengakuan Kedaulatan pada tanggal 27 Desember 1949, Negara RI segera terlibat dalam berbagai upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Tindakan ini tegas sebagaimana tampak pada upaya-upaya pembasmian pemberontakan yang terjadi di berbagai daerah pada masa itu yang asal muasal penyebabnya beraneka ragam. Baik karena alasan-alasan ideologis seperti DI/TII, etnis kultural seperti APRA dan RMS, bahkan hingga pada alasan-alasan ketimpangan ekonomi antara Pusat dan daerah, seperti PRRI dan Permesta.

Baca Juga:  Uu Ruzhanu Ulum Harap Beban Puncak Arus Mudik Tahun Ini Berkurang

Dilansil dari investasi.kontan.co.id sekarang harga saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) makin melambung tinggi, bahkan harga saham ANTM melejit hingga 17,12% ke level Rp 2.600 per saham. Kemarin, saham ANTM diperdagangkan dengan harga tertinggi Rp 2.740 dan harga terendah Rp 2.240. Saham ANTM ditutup naik Rp 380 per saham dalam sehari.

Terhitung sejak 7 hari yang lalu 30 Desember 2020, harga saham ANTM sudah naik 34,37 % dibanding harga saat itu Rp 1.935. Begitu pula, jika kita hitung sejak 30 hari yang lalu 07 Desember 2020, harga saham emiten ini sudah melambung 103,13%, dari semula Rp 1.280.

Baca Juga:  Syarat dan Lokasi SIM Keliling Karawang Jumat 14 Juli 2023

Kenaikan harga saham tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti kinerja saham ANTM memang cenderung cekatan. Juga tahun lalu, ANTM berhasil meningkat 130 persen, ditopang sentimen kenaikan harga emas dan investasi jumbo di bidang baterai listrik. Perusahaan asal Korea Selatan LG Energy Solution telah berkomitmen untuk investasi baterai listrik US$9,8 miliar atau sekitar Rp 142 triliun.

Penulis: Muhammad Amaludin