Berikut Beberapa Jajanan Yang Enak Dinikmati Saat Musim Hujan

JABARNEWS | BANDUNG – Memasuki musim hujan, daya tahan tubuh biasanya akan menurun sehingga lebih rentan terkena penyakit. Hal ini disebabkan karena penyebaran virus dan bakteri menjadi lebih mudah dan cepat dalam kondisi lembab.

Untuk itu, tubuh perlu dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan. Bukan hanya menjaga tubuh kering dan hangat dengan payung dan jaket, tetapi makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan untuk membuat tubuh tetap sehat dan hangat di musim hujan.

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber berikut kami rangkum beberapa jajan yang sehat dan enak dinikmati ketika musim hujan:

1. Bajigur – Minuman khas Jawa Barat ini memang enak dinikmati selagi hangat, memiliki rasa yang manis berasal dari gula jawa, berwarna kecoklatan, dan terbuat dari campuran santan.

Baca Juga:  Penyebab Keloid Membesar dan Cara Mengatasinya

Di Bandung, biasanya penjaja bajigur menjual segelas bajigur hangat dengan pisang rebus, kacang rebus, ubi rebus ataupun kue pisang berbungkus daun. Biasa dijual dalam gerobak dorong, bajigur di Bandung termasuk yang kaya kreasi, misalnya bajigur durian.

2. Pisang goreng – Coba bayangkan nikmatnya menyantap pisang goreng panas yang manis saat gerimis. Di Indonesia, pisang goreng bisa tampil dengan banyak rupa. Orang-orang di Jawa umumnya menyantap pisang goreng ditemani kopi atau teh hangat.

Baca Juga:  Inilah Arti Kode Segitiga pada Kemasan Plastik

3. Sekoteng – Minuman hangat memang terbaik saat musim hujan. Semua minuman dengan jahe pasti disukai karena menghangatkan badan plus lumayan menjaga kebugaran. Jahe juga bisa jadi obat murah meriah untuk yang mulai terserang flu. Sekoteng mirip dengan wedang ronde, terutama karena jahe menjadi komponen utama.

4. Bandrek – Seperti halnya bajigur, bandrek juga populer di kalangan masyarakat Sunda. Namun begitu, bandrek juga mudah ditemui di daerah lain di Indonesia, misalnya di Medan. Komposisi utama bandrek ialah jahe, gula merah, daun pandan, dan kayu manis. Kadang-kadang juga ditambah cengkeh.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Ayah Biologis dari Anak Melalui Tes DNA, Begini Caranya

Selain menghangatkan badan, bandrek dipercaya bisa menambah stamina terutama saat menghadapi musim hujan. Selain bandrek, ada kembarannya di Makassar yaitu Sarabba. Minuman ini terbuat dari jahe, gula aren, santan, dan kuning telur serta merica bubuk yang bisa mengatasi masuk angin.

5. Bakso – Hidangan yang satu ini bisa ditemui di seluruh daerah di Indonesia. Disajikan panas dengan kuah gurih dan bikin kenyang, bakso selalu jadi andalan saat musim hujan. Mau bakso urat yang super besar, atau bakso malang yang disajikan jernih dengan cocolan sambal.

Penulis: Muhammad Amaludin