Pasangan Muda Mau Beli Mobil Pertama, Simak Dulu Tips Berikut Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai pasangan muda, mobil tentu bisa menjadi sebuah kebutuhan untuk mempermudah mobilitas sehari-hari. Namun seperti apa kriteria mobil pertama yang ideal bagi para pasangan suami istri muda?

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil pertama, pastikan dulu bahwa Anda sudah tidak lagi kebingungan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari dan memiliki tempat tinggal yang layak.

Di bawah ini adalah beberapa kriteria mobil yang bisa menjadi pertimbangan bagi para pasangan suami istri muda menurut Lifepal.co.id.

1. Mobil 3 baris.

Mobil tiga baris adalah dilengkapi dengan tiga baris tempat duduk. Mengapa mobil ini pas bagi pasangan muda? Mobil dengan tiga baris tempat duduk tentu lebih nyaman untuk digunakan untuk mengangkut lebih dari tiga orang.

Dengan daya tampung yang lebih besar dari mobil dua baris, maka mobil ini pun cukup nyaman digunakan jika keluarga dari pasangan muda sudah memiliki momongan.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Keuangan 3 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Virgo dan Scorpio

2. Mobil baru dan tidak mahal menurut kantong Anda.

Khusus bagi Anda yang awam dalam dunia otomotif, membeli mobil bekas tentu bisa memunculkan risiko finansial. Hal itu disebabkan karena kita tidak akan pernah tahu riwayat penggunaan mobil bekas tersebut.

Ketimbang membeli mobil bekas dan menanggung risiko, maka belilah mobil baru agar Anda terbebas dari pengeluaran tak terduga. Jangan lupa pula untuk membeli mobil sesuai kemampuan.

Belilah mobil yang sesuai dengan kondisi finansial Anda saat ini, bila memang harus mencicil usahakan agar tidak mencicil dalam jangka waktu lebih dari empat tahun. Usahakan pula agar cicilan bulanan tidak melebihi 35% dari total penghasilan bulanan Anda.

Baca Juga:  Ini, Perbedaan Kartu Debit ATM Bjb Magnetic Stripe & ATM Berbasis Chip

3. Mobil dengan perawatan yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Kepemilikan sebuah mobil tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Selain harus siap dengan biaya operasional, pemilik mobil juga diharuskan siap dengan biaya tak terduga.

Semakin tinggi kapasitas mesin, makin tinggi pula konsumsi bensin dan makin mahal pula pajak kendaraan yang harus dibayar. Hal itu juga menunjukkan bahwa biaya operasional yang harus Anda keluarkan per bulan makin besar.

4. Mobil dengan resale value yang baik.

Beberapa merek mobil memiliki resale value atau harga jual yang baik. Maka pertimbangkan pulalah untuk memasukkan poin ini ke dalam kriteria mobil buruan Anda. Mengapa demikian?

Anggap saja dalam dua tahun setelah pemakaian, penghasilan Anda bertambah signifikan, dan Anda ingin mengganti mobil tersebut ke mobil yang lebih bagus, maka harga jual mobil pertama Anda tidak akan hancur.

Baca Juga:  Kejar Target 50 Persen, Vaksinasi Covid-19 Digeber di Wilayah Pelosok Cianjur Selatan

Mobil yang banyak dipilih masyarakat dan sering terlihat di jalan raya umumnya memiliki resale value yang baik. Bila Anda kebingungan, carilah informasi mengenai merek dan tipe mobil dengan resale value yang baik di media otomotif.

Itulah beberapa kriteria mobil pertama yang cocok bagi pasangan muda. Pada intinya, apapun tipe dan merek mobil yang Anda beli nanti, pastikanlah Anda berkomitmen pula untuk melindunginya dengan asuransi mobil.

Ketahuilah bahwa asuransi mobil bisa membantu Anda dalam memitigasi risiko finansial akibat apapun yang terjadi pada mobil Anda. Gunakanlah kalkulator asuransi mobil di situs Lifepal untuk mempermudah Anda memilih asuransi yang dibutuhkan. (Red)