Cedera Tulang Ekor Akibat Candaan, Ini Cara Merawatnya

JABARNEWS | BANDUNG – Bercanda merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan pada seseorang untuk dijadikan bahan tertawaan, tetapi apabila bercandanya kelewatan bahkan bisa sampai mencederai orang lain tentunya hal tersebut sangat keterlaluan.

Ada salah satu candaan yang sering dilakukan oleh  anak sekolah ketika sedang berada di kelas contohnya seperti menarik kursi ketika ada yang mau duduk di kursi tersebut, candaan tersebut tentunya bisa memancing tawa yang membuat orang lain senang.

Tetapi, dibalik tawaan tersebut ada yang jatuh. Nah, tahukah anda hal tersebut bisa membuat orang yang jatuh dengan cara duduk seperti itu bisa membahaya orang tersebut bahkan bisa sampai cedera tulang ekor.

Baca Juga:  Menyusut Tujuh ha, PJT ll dan Pemkab Normalisasi Situ Saeur

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber berikut bahaya yang diakibatkan dari cedera tulang belakang:

  1. Memar dapat terjadi jika cederanya traumatis – Memar tersebut terjadi karena benturan yang terjadi sangat kuat, memar biasanya akan terlihat biru keunguan seperti warna terong dan tentunya membuat sakit bagian tersebut.
  2. Rasa sakit yang menjadi lebih parah ketika duduk dalam waktu yang lama atau dikarenakan terdapat tekanan langsung ke tulang.
  3. yeri punggung bawah atau nyeri yang terasa hingga kaki.
  4. Perasaan sakit saat berhubungan intim yang terjadi pada beberapa wanita.
Baca Juga:  Tumpukan Sampah Kelapa Di Naringgul Cianjur Jadi Sorotan DPRD

Apabila hal diatas ini terjadi pada diri anda maka lakukan beberapa cara perawatan seperti ini :

  1. Hindari duduk terlalu lama di tempat yang permukaannya keras.
  2. Gunakan bantal donat yang empuk untuk mengurangi tekanan pada tulang ekor. Lubang di tengah bantal tersebut berguna untuk menghindari berat tubuh bertumpu pada tulang ekor yang sedang cedera.
  3. Kompres area tulang ekor menggunakan es yang dibalut kain selama 15-20 menit. Lakukan hal ini empat kali sehari, selama beberapa hari setelah jatuh terduduk.
  4. Rutinlah mengonsumsi makanan yang tinggi serat untuk mencegah konstipasi  dan tinja yang keras. Ketika tinja keras, tulang ekor bisa saja bertambah nyeri terutama saat sedang mengejan.
Baca Juga:  Akhir Maret, UMK Cimahi 2021 Baru Disosialisasikan ke Buruh dan Pengusaha

Penulis: Muhammad Amaludin