Gus Mus Bercerita Sosok Gus Dur yang Melihat Semua Manusia Adalah Saudara

JABARNEWS | JAKARTA – Gus Mus, sahabat Gus Dur, menceritakan sosok Gus Dur bernama asli Abdurrahman Wahid yang tak banyak diketahui orang.

Dalam video @GusMus Channel dia menceritakan, Gus Dur adalah sosok yang sangat paham dengan agama Islam.

“Gus Dur paham tentang Islam, sehingga dia memahami Islam adalah kepentingan manusia,” ujar Gus Mus.

Gus Dur dikenal sebagai sosok yang membumikan Islam. Menurut Gus Mus, sahabatnya itu adalah sosok yang melihat semua manusia adalah saudara.

Baca Juga:  Ini Juara Liga Sepak Bola Kapolres Purwakarta Cup 2022

“Tuhan ketika berfirman di dalam Al Quran juga menyebutnya, ya ayuhannas, wahai manusia. Gus Dur sangat mencintai manusia, siapapun itu,” ujarnya.

Cara Gus Dur yang menerima semua manusia sebagai saudaranya, maka orang menerima Islam dengan cara yang enak atau santai.

Baca Juga:  Hampir Enam Musim Petani di Sumedang Gagal Panen, Gara-gara Proyek Tol Cisumdawu?

Diceritakan Gus Mus, DNA atau kakek dan nenek moyang Gus Dur sangat mencintai dan menganggap Indonesia sebagai rumah.

“Sebelum ada ideologi nasionalisme dan lainnya, kakek moyang Gus Dur, simbah, adalah orang-orang yang menganggap Indonesia adalah rumahnya,” ujarnya.

Gus Mus mengingatkan orang Indonesia untuk bersyukur kepada Tuhan Allah SWT karena menghadirkan negeri yang indah. Kata dia, tak hanya alamnya yang indah, tapi ada beragam etnis dan agama.

Baca Juga:  Banjir Serdang Bedagai Mulai Surut, Tinggal Puluhan Rumah Terendam

“Beragama itu hanya wasilah mendapat ridho dari Allah SWT. Seharusnya beragama ya enak. Tidak teng tengan (bertengkar). Karena agama sarana, kendaran kita sampai kepada Allah,” ujar Gus Mus. (Red)