Pangdam III Siliwangi Resmikan Jembatan Gantung Ke-113 di Sumedang

JABARNEWS | SUMEDANG – Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meresmikan Jembatan Siliwangi 1 di Kabupaten Sumedang, Sabtu (30/1/2021).

Jembatan tersebut menghubungkan dua dusun di dua desa dan dua kecamatan yang berbeda. Yakni Dusun Pasiripis, Desa Karangbungur, Kecamatan Buahdua dengan Dusun Pasirwareng, Desa Ranggasari, Kecamatan Surian.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyampaikan, pembangunan jembatan gantung dapat memudahkan akses masyarakat, terutama warga Desa Karangbungur dan warga Desa Ranggasari.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum: Porprov Jabar Jadi Ajang Seleksi Atlet Jelang PON

“Jembatan ini untuk mempermudah akses masyarakat, mempermudah akses orang dan barang, serta akses keagamaan maupun pendidikan. Pelihara dengan sebaik-baiknya, sehingga jembatan ini akan berdaya guna lama,” katanya.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, jembatan yang diresmikan tersebut menjadi jembatan ke-113 yang dibangun bersama keterlibatan unsur TNI.

Baca Juga:  Tiga Tempat Munggahan Di Pangandaran Yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

“Jembatan ke-114 nanti ada di Parongpong, jembatan ke-115 ada di Gunungjaya di Sumedang. Kalau di sini namanya Jembatan Siliwangi 1, di Parongpong itu Jembatan Siliwangi 2,” kata Pangdam III Siliwangi.

Nugroho Budi Wiryanto menjelaskan, pembangunan jembatan gantung di Sumedang ini merupakan hasil kerja sama yang luar biasa dari semua pihak. Pembangunannya secara swadaya dan swakelola.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Orang Dewasa Tetap Perlu Imunisasi

“Jembatan ini tidak menggunakan semen, hanya menggunakan tali sling baja, hanya diikat ke batu yang besar, dan batunya ditanam ke dalam tanah, dan ini cukup kuat,” kata Nugroho.

“Mudah-mudahan jembatan ini bermanfaat bagi warga Desa Karangbungur dan kita harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dengan hasil pertanian dan perikanan yang bisa dijual dan bermanfaat untuk kita semua,” sambung Pangdam III Siliwangi. (Yoy)