Gedung Pusat Kebudayaan Subang Dikritik Mirip Sarang Burung, Begini Penjelasan Arsitek

JABARNEWS | BANDUNG – Gedung serbaguna pusat kebudayaan Subang milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat di kawasan Hutan Kota Ranggawulung, Kabupaten Subang mendapat kritikan pedas dari berbagai pihak. Pasalnya, bangunan itu terlihat seperti sarang burung, materialnya sendiri menggunakan bambu.

Terlebih anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan gedung kebudayaan ini sebesar Rp33 miliar dan telah digunakan sebesar Rp6 miliar. Gedung kebudayaan ini sendiri dibangun di atas lahan seluas 4 hektar.

Baca Juga:  Soal Fenomena Matahari Bercincin di Serdang Bedagai, BMKG Bilang Begini

Menanggapi kritikan tersebut, salah seorang Arsitek Studio Akanoma Yu Sing yang terlibat dalam perancangan gedung kebudayaan Subang mengungkapkan bahwa modul pada fasad ruang serba guna didesain dengan deretan bambu mikro.

Tujuannya, lanjut dia, untuk digunakan secara fleksibel dengan berbagai fungsi oleh pengguna yang beraneka ragam.

“Bahkan, kalau mau untuk pasar kuliner dengan menerapkan jaga jarak juga bisa,” kata Yu Sing dikutip dari kompas.com, Minggu (31/01/2021).

Baca Juga:  Setiawan Wangsaatmaja Beberkan Strategi Kembangkan Ekonomi Kreatif di Jabar, Begini Skemanya

Dia menjelaskan, satu ruang bambu pada fasad tersebut bisa digunakan untuk satu keluarga berkumpul. Yu Sing menyebut, prinsip desainnya, fasad berupa ruang, bukan hanya dinding.

Dengan demikian, fasad itu bisa digunakan menjadi galeri, studio teater, toko, atau sekadar ruang duduk yang akrab. Oleh karena itu, dia tidak pernah menyangka jika penggunaan bambu pada gedung kebudayaan Subang dipermasalahkan.

Baca Juga:  Jaga Ketahanan Pangan, Disperindag Jabar Bakal Lakukan Operasi Pasar Jelang Hari Besar

Menurut Yu Sing, kemandirian arsitektur di Indonesia salah satunya bisa dicapai melalui bambu.

“Apakah bambu sudah tidak berarti di Subang? Sayang sekali kalau salah satu potensi besar tanah Sunda (dan Indonesia) nantinya tidak dikelola dan dikembangkan lebih lanjut,” tutupnya.

Sumber: Kompas